Iklan

jtvbojonegoro
Monday, November 15, 2021, 15:09 WIB
Last Updated 2021-11-15T09:13:06Z
BojonegoroViewerViral

Antusiasme Tinggi, Vaksinasi Warga Desa Capai 57 Persen



BOJONEGORO - Dalam rangka mempercepat terbentuknya herd immunity. Anjuran untuk vaksinasi covid-19 terus digaungkan pemerintah pusat maupun daerah. Dampaknya, antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksinasi sangat tinggi, termasuk di pedesaan.

Kondisi ini, seperti yang terpantau di desa tlogoagung, kecamatan boerno, kabupaten bojonegoro. Warga cukup antusias, bahkan, begitu mendengar kabar adanya vaksinasi, mereka langsung berduyun-duyun mendatangi sentra vaksin yang berlokasi di balai desa setempat.

Kedatangan warga ini, juga tanpa dikoordninir maupun paksaan dari petugas. Melainkan atas kesadaran sendiri. Mereka menyadari akan pentingnya vaksinasi bagi tubuh, sehingga bisa membentengi diri dan keluarga dari ancaman covid-19.

Salahsatu peserta vaksin, jupri, mengaku cukup senang sudah mendapatkan vaksinasi. Bahkan, demi mendapatkan suntik vaksin dosis pertama ini. Jupri bersama isterinya, rela berjalan kaki ratusan meter mendatangi sentra vaksinasi di balai desa setempat.

Kepala desa tlogoagung, dewi wulandari, menjelaskan vaksinasi yang berlangsung di balai desa ini, merupakan kerjasama antara pemerintah desa, babinsa, babinkamtibmas, bersama dengan dinas kesehatan, melalui puskesmas gunungsari, kecamatan boerno.

Sebanyak 300 vaksin dosis pertama, dan 275 vaksin dosis kedua yang disediakan kali ini, tak membutuhkan waktu lama, langsung habis, bahkan tak sampai siang hari.

Sebagaimana desa-desa lainnya. Di desa tlogoagung ini, capaian vaksinasi sudah mencapai 57 persen dari yang ditargetkan atau sebanyak 2.500 jumlah penduduk setempat.

Meski telah banyak yang divaksin, warga diingatkan tetap patuh protokol kesehatan, sehingga penyebaran covid-19 dapat tertanggulangi.

Adapun secara keseluruhan target vaksinasi di kabupaten bojonegoro adalah sejumlah 1.026.628 warga. Dari jumlah tersebut, capaian vaksinasi sudah mencapai 555.016 warga tervaksin dosis pertama, 313.703 dosis kedua, dan lansia sebanyak 55.513 orang.