Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, November 26, 2021, 15:55 WIB
Last Updated 2021-11-27T03:53:33Z
BojonegoroViewerViral

Bengawan Solo Siaga Kuning, 146 Desa Di Bojonegoro Terancam Banjir



BOJONEGORO - Beginilah kondisi sungai bengawan solo yang melintasi kabupaten bojonegoro. Tinggi permukaan air terus mengalami peningkatan. Selain curah hujan lokal yang tinggi, kondisi tersebut juga di perparah dengan limpahan air dari wilayah hulu,baik di hulu jawa-tengah.

Mulai dari sukoharjo, wonogiri, karanganyar, sragen, maupun wilayah hulu jawa-timur, mulai kabupaten ngawi ponorogo dan madiun. Tiang ukur ketinggian air sungai bengawan solo di utara pasar kota bojonegoro, hingga jumat siang telah menyentuh angka lebih dari 13. 35 meter diatas permukaan laut.

Itu berarti sungai terpanjang di pulau jawa ini sudah masuk pada level siaga kuning, atau siaga 2 bencana banjir.

Data di bpbd bojonegoro menyebut, sediktinya terdapat 146 desa yang tersebar di 17 kecamatan, mulai dari kecamatan margomulyo hingga kecamatan baureno terancam banjir, jika sungai bengawan solo meluap.

Kepala pelaksana bpbd bojonegoro, ardhian orianto menghimbau agar warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai bengawan solo untuk tetap waspada, serta mengurangi aktifitas yang berdekatan dengan sungai terpanjang di pulau jawa ini.