Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, November 16, 2021, 15:27 WIB
Last Updated 2021-11-16T09:15:52Z
Pojok PituViewerViral

Ekskavasi Situs Pande Gong Jombang, Temukan Arca Nadiswara



JOMBANG - Arca nandiswara ini ditemukan di salah satu sudut bangunan situs pande gong yang ada di desa menganto kecamatan mojowarno jombang. Arca ini  biasanya menempati relung dari suatu bangunan atau sebagai penjaga pintu masuk bangunan suci agama hindu.

Arca ini ditemukan saat tim bpcb melakukan ekskavasi di situs yang sudah lama ditemukan warga. Ekskavasi lanjutan ini dilakukan untuk menungkap struktur bangunan dan bata diduga peninggalan zaman dahulu secara utuh.

Yunus ardiansyah kepala desa menganto mengatakan ekskavasi  dilakukan untuk mengetahui sejarah situs. Apalagi di dekat situs ada  makam atau punden yang dianggap sebagai pembabat alas sini desa.  Dirinya berharap dengan ekskavasi bisa diketahui secara pasti sejarah keberadaan pande gong.

Situs pande gong sudah tercatat di balai pelestari cagar budaya trowulan jawa timur.  Pada tahun 2017 warga sempat menemukan  arca dewa brahma di kawasan ini.  Ekskavasi kali ini dilakukan untuk melanjutkan ekskavasi sebelumnya yang sudah menemukan  trap tangga pada bangunan yang diduga bangunan suci masa hindu itu. Rencananya, ekskavasi dilakukan sampai seminggu ke depan.