Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, November 1, 2021, 15:53 WIB
Last Updated 2021-11-01T08:58:40Z
Pojok PituViewerViral

Kembali Dibuka, Makam Gus Dur Langsung Dipadati Ratusan Peziarah



JOMBANG - Pembukaan wisata religi di makam gus dur  di komplek pondok pesantren tebuireng jombang ini dilakukan oleh pengasuh KH abdul hakim mahfudz dan sejumlah duriyah. Para peziarah yang sudah menunggu langsung berebut masuk. Sejumlah petugas disiagakan mulai dari pemeriksa suhu tubuh hingga petugas penjaga tempat cuci tangan di depan pintu masuk.
 
Tiba di dalam peziarah langsung melakukan ziarah dan doa di depan makam pendiri NU. Mereka dengan khusuk membaca tahlil di depan makam. Sebelum dibuka untuk umum,pengasuh  pesantren bersama duriyah dan pengurus melakukan doa bersama di dalam lokasi.
 
KH abdul hakim mahfudz pengasuh pesantren tebuireng mengatakan ujicoba ini dilakukan selama dua bulan yakni nopember dan desember 2021. Seluruh ketentuan satgas covid 19 sudah dipenuhi untuk menghindari penyebaran covid 19.jam berkunjung dibatasi agar tidak terjadi kontak langsung dengan santri di jalur pintu masuk.

Khusnul fauzi peziarah dari madura ini mengaku senang bisa kembali berdoa di depan makam pendiri NU. Sebelumnya,dirinya sudah mendapatkan informasi akan buka sehingga dari yogjakarta langsung mampir ke tebuireng.

Selama uji coba  lokasi makam gus dur dibuka mulai pukul 08.00 sampai 13.30 wib. Peziarahpun juga dibatasi hanya 150 orang yang berada di dalam lokasi. Mereka wajib mentaati protokol kesehatan dan memakai masker. Pengelola akan mengevaluasi lebih lanjut setelah masa uji coba dua bulan ini.