Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, November 8, 2021, 15:41 WIB
Last Updated 2021-11-08T08:46:09Z
Pojok PituViewerViral

Melihat Ritual Sedekah Desa Di Prasasti Watu Gilang



JOMBANG - Puluhan warga di desa mojokrapyak kecamatan tembelang jombang ini membawa sejumlah pusaka kuno. Pusaka berupa keris ini di arak keliling desa. Warga yang penasaran tampak antusias meliihat di sepanjang jalan.
 
Dari sudut desa rombongan arak arakan ini menuju lokasi kegiatan yakni  di prasasti watu gilang. Lokasi berupa batu andesit yang dipercaya menjadi cikal bakal kelahiran desa mojokrapyak. Prasasti ini diduga peninggalan dari kerajaan medang kamulan. Di lokasi watu gilang sesepuh desa langsung melakukan doa di lokasi cagar budaya tersebut.
 
Warsubi kepala desa mojokrapyak mengatakan festival ini sengaja digelar sebagai upaya menjaga  tradisi jawa kuno. Tradisi bersukur kepada yang maha kuasa atas segala kenikmatan yang sudah diberikan. Melalui festival ini juga dirinya berharap pelaku umkm kembali bisa bangkit usai terpuruk dikala pandemi covid 19.

Di tengah festival ini sejumlah aksi tari treatrikal dipertunjukan. Seluruh pengunjung festival  diwajibkan memakai masker. Seluruh peserta festival ini tampak menyaksikan arak arakan hingga tumpengan di lokasi cagar budaya watu gilang dengan girang dan tertib.