Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, December 20, 2021, 16:03 WIB
Last Updated 2021-12-20T09:07:12Z
TubanViewerViral

Dampak Pembangunan Ring Road Tuban, Tebing Dan Rumah Warga Ambrol



TUBAN - Seperti inilah kondisi tebing jalan lingkar selatan atau ring road di desa prunggahan kulon, kecamatan semanding, kabupaten tuban, pada senin siang. Tebing sepanjang sepanjang dua puluh meter terlihat mengalami longsor.

Sementara separo rumah keluarga tarmani yang ada di atas tebing mengalami ambrik. Bangunan yang ambruk tepatnya pada bagian dapur dan kamar mandi, hingga rata dengan tanah.
 
Selain itu, pondasi bangunan rumah juga amblas, setelah tebing yang menopangnya rumahnya mengalami longsor. Bahkan, kondisi tebing yang labil menyebabkan tanah sekitar retak-retak dan rawan terjadi longsor susulan.
 
Selain kondisi tanah tebing labil, curah hujan tinggi diduga turut menjadi salah satu faktor pemicu longsor. Terlebih, tepat di bawah tebing setinggi sepuluh meter ini alat berat proyek pembangunan jalan terus bekerja dan menimbulkan getaran. Menurut warga, penanggung jawab proyek pembangunan ring road telah berjanji akan memperbaiki kerusakan ini.

Selain rumah milik tarmani, kondisi serupa juga dialami suwarti. Longsor merusak pondasi kandang sapi miliknya. Jika tidak segera diperbaiki, ia khawatir akan terjadi longsor susulan.
 
Warga berharap kerusakan rumah mendapat ganti rugi, setidaknya diperbaiki seperti sedia kala. Sementara itu, pembangunan ring road tuban saat ini terus dikebut, termasuk pembuatan plengsengan di lokasi yang rawan longsor.