Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, December 27, 2021, 15:15 WIB
Last Updated 2021-12-27T08:50:44Z
Pojok PituViewerViral

Libur Nataru, Wisata Religi Makam Gus Dur Dipadati Peziarah



JOMBANG - Para peziarah makam gus dur ini terpaksa harus mengantre di pintu masuk kompleks makam gus dur. Pasalnya untuk mengurangi kepadatan di dalam area makam, peziarah  bergantian masuk ke lokasi makam.

Setelah sampai di dalam area makam yang berada di dalam kompleks pondok pesantren tebuireng. Peziarah melangsungkan pembacaan tahlil, istighotsah, membaca al-qur'an dan memanjattkan doa. Peziarah tidak bisa berlama-lama di area makam karena waktunya dibatasi maksimal 20 menit.

Khorul yani salah satu peziarah mengatakan, selama liburan ini dirinya ingin menyempatkan beekirim doa ke makam gus dur dan pendiri nu. Meskipun waktunya dibatasi setiap rombongan dirinya tetap bisa melangsungkan doa dengan khusuk.  

Sementara itu, kh lukman hakim, satgas covid  pondok pesantren tebuireng mengatakan. Setiap hari peziarah makam gus dur berkisar lima ribu orang. Namun saat libur natal dan tahun baru dipastikan terjadi lonjakan  cukup banyak.  Seluruh peziarah diminta tetap menjaga protokol kesehatan.

Selain itu, pihak ponpes tebuireng bersama pemerintah menyepakati, pembatasan waktu kawasan wisata religi makam gus dur dalam upaya mencegah penularan covid-19. Selain itu seluruh peziarah juga harus mematuhi protokol kesehatan.