Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, December 20, 2021, 15:24 WIB
Last Updated 2021-12-20T09:05:16Z
TubanViewerViral

Ratusan Seniman Muda Tuban Meriahkan Lomba Mural Batik



TUBAN - Pemerintah kabupaten tuban, menggelar festival mural dengan tema batik tuban. Kegiatan bertemakan batik tulis tuban ini digelar di gelanggang olahraga rangga jaya anoraga tuban, pada hari minggu kemarin.

Lomba batik mural tersebut diikuti sedikitnya 124 peserta yang terbagi ke dalam 40 grup dari tingkat pelajar maupun masyarakat umum. Kategori umum, diikuti oleh 21 kelompok dan untuk kategori pelajar slta diikuti oleh 19 kelompok. Satu kelompok peserta lomba mural ini terdiri dari maksimal 4 orang dan minimal 2 orang.

Festival mural ini, menggunakan 40 opsi motif batik yang sudah mendapatkan izin dari pemkab tuban. Motif batik yang sudah ditentukan ini, dapat dikolaborasikan dengan berbagai gambar lainnya, sesuai dari tema dan makna yang diusung oleh para peserta.

Acara ini mendapatkan sambutan hangat dan antusias dari para peserta yang mayoritas adalah seniman muda. Mereka berharap festival mural batik ini diadakan setiap setahun sekali. Sehingga sebagian anak muda yang menganggap batik sebagai budaya jadul, bisa terdorong kecintaannya dan rasa memilikinya terhadap budaya tinggalan leluhur ini.

Sementara itu, kegiatan ini digelar pemkab tuban sebagai rangkaian dari hari jadi tuban ke 728. Dengan kegiatan ini diharapkan mampu menumbuh kembangkan rasa cinta terhadap batik tulis tuban di hati masyarakat, khususnya para generasi muda di kabupaten tuban.

Diketahui, penilaian lomba mural akan dilakukan oleh dewan juri yang melibatkan pelaku seni kabupaten tuban. Juara pada lomba mural akan langsung diumumkan begitu acara selesai, yakni 3 juara kategori umum dan 3 juara untuk kategori pelajar.