Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, December 17, 2021, 15:14 WIB
Last Updated 2021-12-17T08:27:07Z
TubanViewerViral

Tuban PPKM Level 1, Wisata Religi Dipadati Pengunjung Luar Kota



TUBAN - Pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM level 1 di kabupaten tuban, membuat tempat wisata religi sunan bonang dibuka untuk umum. Makam yang ada di kelurahan kutorejo, kecamatan tuban kota ini, pada jumat pagi terlihat dipadati rombongan peziarah dari luar kota.

Sebelumnya, wisata religi sunan bonang tuban sempat ditutup total akibat pandemi, dan secara bertahap kembali dibuka pada akhir bulan agustus 2021 lalu. Saat ini, masyarakat umum diperbolehkan datang baik individu maupun rombongan. Dengan syarat menginstal aplikasi peduli lindungi serta patuh protokol kesehatan.

Sayangnya, sebagian peziarah masih abai prokes, lantaran tidak menggunakan masker. Padahal sebelum datang kesini, mereka sebagian besar juga mengunjungi tempat-tempat di kota lain. Kondisi ini menyebabkan rawan terjadinya penyebaran dan penularan covid-19. Meski demikian, pengurus makam setempat tidak memberikan teguran atau peringatan kepada peziarah yang abai prokes.

Menurut rombongan peziarah asal bojonegoro, setelah berziarah di makam sunan bonang tuban ini, mereka juga akan mengunjungi sejumlah tempat lain. Mereka mengaku tidak begitu khawatir dengan pandemi, lantaran sebagian besar diantara mereka sudah divaksin. Selain itu, mereka juga selalu taat prokes.

Sementara rombongan dari banyuwangi mengaku melakukan ziarah wali 5, salah satunya di makam sunan bonang. Mereka berani melakukan perjalanan lintas kabupaten lantaran seluruh peserta ziarah sudah di vakasin serta berkomitmen taat prokes.

Meski kasus covid terus melandai, masyarakat tetap dihimbau untuk taat prokes serta segera suntik vaksin bagi yang belum.