Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, January 10, 2022, 15:39 WIB
Last Updated 2022-01-10T08:57:48Z
Pojok PituViewerViral

Modal Asing Masuk Ngawi, Targetkan Serap 25.000 Tenaga Kerja



NGAWI - Sedikitanya bakal ada 5 penanaman modal asing (PMA) atau investor asing yang akan mengembangkan usahanya di wilayah kabupaten ngawi. Ke 5 investor itu berasal dari negara korea selatan, amerika serikat,dan juga india. Mereka bergerak dibidang industri alas kaki, makanan, dan juga pengolahan kulit.

Bupati ngawi, ony anwar harsono, menyambut baik dengan mulai diliriknya ngawi menjadi salah satu daerah investasi. Dengan begitu pihaknya optimis akan mendongkrak pertumbuhan perekonomian di ngawi. Selain itu, dari ke 5 investor asing yang menanamkan modalnya di kabupaten ngawi secara otomatis juga berdampak baik pada terbukanya lapangan pekerjaan.

Bupati menargetkan, akan ada 25 ribu tenaga kerja, terutama dari warga ngawi yang akan ikut tergabung, sehingga akan mengurangi jumlah pengangguran. Di sisi lain, kabupaten ngawi juga bakal memiliki daerah kawasan industri yang ada di wilayah kecamatan karanganyar dan widodaren, sehingga akan lebih banyak industri dan investor yang menanamkan modalnya di ngawi.

Bupati menambahkan, pemkab ngawi melalui dinas tenaga kerja juga akan berusaha meningkatkan kompetensi seluruh pelajar terutama lulusan smk. Peningkatan kompetensi ini dilakukan dengan memaksimalkan balai latihan kerja (blk). Sehingga ketika industri sudah siap operasional, maka akan diimbangi dengan kesiapan sumber daya manusia (sdm) masyarakat di kabupaten ngawi.