Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, January 31, 2022, 15:20 WIB
Last Updated 2022-01-31T09:17:53Z
Pojok PituViewerViral

Persiapan Imlek, Dewa-Dewi Klenteng Jombang Dibersihkan



JOMBANG - Menjelang hari raya imlek, tempat ibadah tridarma boo hway bio di mojoagung, kabupaten jombang, mulai melakukan pembersihan. Ritual penyucian ini dilakukan tidak hanya pada patung dewa,namun seluruh perabot klenteng juga dilakukan pembersihan.

Ritual memandikan patung dewa ini dilakukan secara gotong royong. Patung-patung dewa dibersihkan dengan pelan dan berhati hati. Sebelum dibersihkan seluruh patung dewa yang jumlahnya mencapai puluhan ini dimandikan dengan air kembang secara bergantian.

Wijaya kurniawan ketua klenteng boo hway bio menjelaskan memandikan patung dewa rutin dilakukan setiap menjelang perayaan imlek. Pembersihan patung dewa dilakukan sebagai bentuk bakti pada sang dewa. Diharapkan pada tahun mendatang rejeki seluruh penganut tri darma melimpah dan seluruh bangsa indonesia dibebaskan dari bencana.

Selain membersihkan patung dewa, seluruh lokasi klenteng juga dibersihkan. Termasuk peralatan ibadah dikeluarkan untuk dibersihkan secara bersama-sama. Penganut klenteng berharap indonesia terus maju dan penuh kedamaian. Dalam perayaan nanti penganut tridarma akan melakukan perayaan dengan kesederhanaan. Sekaligus melakukan pembatasan karena masih dalam pandemi covid 19.