Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 24 Januari 2022, 15:19 WIB
Last Updated 2022-01-24T08:31:56Z
TubanViewerViral

Tagih Janji, Warga 6 Desa Demo Pertamina Rosneft Tuban



TUBAN - Ratusan massa dari warga 6 desa di kecamatan jenu, kabupaten tuban, pada senin pagi, menggelar aksi di depan kantor pt pertamina rosneft pengolahan dan petrokimia, kilang grass root refinery tuban. Warga 6 desa ring 1 Pertamina tersebut berasal dari desa sumurgeneng, mentoso, rawasan, wadung, kaliuntu, dan beji.

Aksi digelar dengan longmarch dari kantor desa wadung menuju gate 1 PT Pertamina Rosneft Pengolahan Dan Petrokimia (PRPP) kilang grass root refinery (grr), kecamatan jenu, tuban. Sambil membentangkan spanduk tuntutan, mereka secara bergantian berorasi menyampaikan tuntutan mereka.

Warga ring 1 ini menagih janji yang dulu pernah disampaikan oleh pertamina terkait prioritas pekerjaan untuk warga setempat. Namun, hingga kini janji tersebut dinilai warga belum direalisasikan.

Selain itu, warga juga menuntut agar seluruh vendor yang ada di pertamina dalam melakukan rekrutmen tenaga kerja berkoordinasi dengan pihak desa. Tuntutan warga ini sesuai dengan janji dan tujuan pembangunan pertamina yang dulu pernah disampaikan kepada warga. Pasalnya, hingga kini warga ring 1 setempat masih banyak yang menganggur.

Aksi ini sempat diwarnai ketegangan lantaran pihak-pihak yang menjanjikan pekerjaan kepada warga setempat tidak mau menemui para demonstran. Selain itu, warga kecewa, lantaran pertamina ingkar janji. Padahal dulunya warga dijanjikan pekerjaan agar warga mau menjual tanah mereka.

Sempat dilakukan mediasi dari perwakilan kedua belah pihak. Namun belum juga menemukan titik temu.

Warga mengancam akan membawa massa yang lebih banyak lagi, jika tuntutan yang diminta tidak segera direalisasikan.