Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, March 7, 2022, 15:11 WIB
Last Updated 2022-03-07T08:20:01Z
TubanViewerViral

Harga Gabah Anjlok Saat Musim Panen, Petani Di Tuban Merugi


TUBAN - Para petani padi di kabupaten tuban, saat ini sedang melakukan panen raya. Salah satunya seperti yang terlihat di desa sumber, kecamatan merakurak, kabupaten tuban, pada senin siang.meski memasuki masa panen raya, para petani padi setempat tidak menyambutnya dengan antusias.

Pasalnya, harga habah yang normalnya 5.000 rupiah per kilogramnya kini turun menjadi 4.400 rupiah per kilogram. Kondisi ini diperparah dengan turunnya hasil panen para petani, akibat serangan hama putih, atau dalam bahasa latin disebut cnaphalocrocis medinalis.

Hama ini, biasanya membuat tanaman padi berubah warna menjadi putih, dan menyebabkan biji padi tak berisi. Hama ini menyebabkan hasil panen padi menurun.

Jika biasanya lahan dengan luas 2500 meter persegi sekali panen mampu menghasilkan dua ton gabah. Namun, pada panen kali ini hanya mampu menghasilkan satu setengah ton gabah.

Turunnya harga gabah dan serangan hama saat masa tanam membuat para petani hanya balik modal. Bahkan sebagian diantaranya mengalami kerugian jutaan rupiah.

para petani berharap, pihak terkait membantu menstabilkan harga gabah dipasaran saat musim panen. Sehingga para petani tidak kembali mengalami kerugian.