Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, March 24, 2022, 15:07 WIB
Last Updated 2022-03-25T06:55:04Z
TubanViewerViral

Minyak Curah Langka, Pedagang Terpaksa Beli Minyak Goreng Kemasan


TUBAN - Stok minyak goreng curah di sejumlah pasar tradisional kabupaten tuban, masih mengalami kelangkaan. Para pedagang minyak goreng curah mengeluh, karena jumlah kiriman minyak goreng curah dari pemasok terus mengalami penurunan.
 
Kondisi tersebut salah satunya dirasakan para pedagang minak goreng curah di pasar baru tuban, pada kamis pagi. Jika sebelumnya para pedagang minyak goreng curah mendapatkan kiriman minyak goreng curah sebanyak lima drum dalam satu minggu dari pemasok. Kini, dalam satu minggu, para pedagang minyak goreng dipasaran hanya mendapatkan kiriman satu drum saja.
 
Hal ini salah satunya dialami oleh darsito, pedagang minyak goreng curah di pasar baru tuban. Bahkan untuk mendapat satu drum minyak goreng curah, ia harus memesan terlebih dahulu selama 3 hari dari pemasok. Tak sampai satu hari, minyak tersebut langsung habis diserbu oleh pelanggan.
 
Minimnya stok, membuat pedagang hanya menjual stok yang ada kepada para pelanggannya saja. Selain itu, pembelian juga dibatasi maksimal 5 kilogram. Harga minyak goreng curah di pasaran juga sangat mahal, yakni 20 ribu rupiah per kilogram.
 
Langkanya minyak goreng curah di pasaran, dikeluhkan oleh para pedagang gorengan dan makanan di tuban. Kondisi ini memaksa mereka membeli minyak goreng kemasan yang harganya 25 ribu hingga 30 ribu rupiah per liternya.
 
Para pedagang minyak goreng dan warga berharap, stok dan harga minyak goreng dapat kembali normal.