Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, March 8, 2022, 16:09 WIB
Last Updated 2022-03-08T09:29:31Z
TubanViewerViral

Usai Diwisuda, 58 Santri Lapas Tuban Siap Jadi Guru Ngaji


TUBAN - Lembaga pemasyarakatan kelas II B tuban, mewisuda 58 santriwan dan santriwati, pondok pesantren masjid at taubah lapas tuban, pada selasa pagi. Wisuda diperuntukan bagi para narapidana yang sudah selesai atau khatam, mengaji di masjid at taubah lapas tuban.
 
Wisuda kali ini, dibagi menjadi 4 kategori, Fasholatan, Iqro', Al-qur'an, dan kitab kuning. Para narapidana yang sudah bisa khatam, diharapkan mampu mengamalkan ilmunya dengan menjadi guru ngaji bagi narapidana lainya.
 
Proses belajar mengaji dilakukan secara rutin, oleh para nara pidana yang sedang menjalani masa tahanan setiap hari senin hingga kamis. Dimulai dari pukul 8:00 hingga 10:00 pagi.

Kegiatan mengaji ini sudah dilakukan para narapidana sejak tahun 2019, hingga kini. Menurut keterangan kepala lapas kelas II B tuban, dari tahun 2019 hingga kini, sudah ada 245 santri yang diwisuda.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan akhlak baik, serta memperluas pengetahuan agama para narapidana, selama menjalani masa tahanan. Sehingga usai menjalani masa tahanan, para narapidana mampu mengamalkan ilmu agamanya di masyarakat.