Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, April 20, 2022, 15:42 WIB
Last Updated 2022-04-20T09:42:42Z
TubanViewerViral

Berburu Segarnya Es Siwalan Untuk Berbuka Puasa

 
SKETSA RAMADHAN - Es siwalan, minuman tradisional yang berasal dari buah pohon siwalan ini menjadi salah satu minuman favorit buruan warga di kabupaten tuban untuk berbuka puasa. Salah satunya adalah es siwalan yang ada di jalan gajahmada, kelurahan karang, kecamatan semanding, kabupaten tuban.

Es siwalan, ini dibuat dengan bahan-bahan alami dengan menggunakan cara tradisional. Mulai dari buah siwalan dipotong kecil, dicampur dengan air kelapa, gula aren, dan pandan. Rasanya yang manis dan khas, menjadikannya cocok untuk menghilangkan dahaga serta memulihkan tubuh yang kekurangan cairan setelah seharian berpuasa.

Menurut penjual es siwalan, vina. Jika hari biasa buka mulai jam 9 pagi sampai jam 12 siang, dengan rata-rata penjualan 2 termos es siwalan. Namun, pada bulan ramadhan ini, ia buka mulai jam 4 sampai jam 5 sore, dengan rata-rata penjualan 3 termos es siwalan. Harga es siwalan dibanderol cukup murah, setiap satu porsi dipatok harga 5.000 rupiah saja.

Selama bulan ramadhan, es siwalan menjadi salah satu minuman favorit penghilang dahaga saat buka puasa. Kondisi alam tuban yang panas dan kering, membuat minuman tradisional ini menjadi minuman utama untuk buka puasa. Selain murah, minuman ini memiliki rasa manis yang khas dan menyegarkan.

Sebagian besar penjual es siwalan di tuban, masih mempertahankan resep penggunaan gula cair alami berbahan legen. Sehingga es siwalan disini memiliki ciri khas tersendiri. Penasaran dengan kesegaran es siwalan??