Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, April 19, 2022, 14:32 WIB
Last Updated 2022-04-19T07:32:13Z
TubanViewerViral

Gratis Dan Jernih, Warga Antusias Sambut Peralihan Ke TV Digital


TUBAN - Migrasi atau peralih televisi analog ke televisi digital disambut antusias oleh masyarakat di kabupaten tuban. Sesuai jadwal, analog switch-off atau aso di wilayah tuban akan diberlakukan pada bulan november 2022 mendatang.

Hal ini membuat sebagian warga masih mengandalkan siaran televisi analog. Salah satunya saiful adam, warga desa jenggolo, kecamatan jenu, kabupaten tuban.

Menurut saiful, informasi peralihan televisi analog ke digital ia peroleh dari iklan sosialisasi yang masif di televisi. Meski demikian, saat ini dirinya masih menggunakan televisi analog. Namun, sejumlah channel buram, lantaran tangkapan sinyalnya kurang bagus.

Untuk itu, peralihan televisi analog ke digital ia sambut dengan antusias. Pasalnya, hasil televisi digital gambarnya lebih bersih, jernih, dan canggih. Jika tv digital sudah diberlakukan di tuban, ia akan segera membeli set top box.

Sementara itu, sebagian warga di kawasan pinggiran perkotaan tuban, justru belum mengetahui peralih televisi analog ke televisi digital, meskipun iklan sosialisasi gencar tayang di stasiun televisi. Meski telah mengetahui sosialisasi tersebut, mereka tidak begitu paham maksud dari peralihan tv analog ke digital.

Salah satunya untung, warga desa bektiharjo, kecamatan semanding, kabupaten tuban. Ia tidak paham maksud peralihan tv analog ke digital. Pasalnya, selama ini ia mengandalkan tv kabel.

Namun, jika siaran tv digital sudah masuk di kawasan setempat, dirinya akan beralih ke tv digital. Pasalnya, siaran tv digital bisa didapatkan secara gratis, sedangkan tv kabel yang selama ini ia tonton, harus membayar rutin tiap bulan.