Iklan Rokil

Iklan Rokil

Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, May 14, 2022, 15:13 WIB
Last Updated 2022-05-14T08:13:44Z
BojonegoroViewerViral

Harga Jual Daging Sapi Di Bojonegoro Tak Terpengaruh Dampak PMK


BOJONEGORO - Dalam beberapa hari terakhir, wabah penyakit mulut dan kuku (pmk), terjadi di beberapa wilayah yang ada di jawa timur. Mulai dari lamongan, gresik, sidoarjo, hingga mojokerto. Wabah pmk menyerang pada hewan ternak, seperti sapi, kambing, domba, dan babi. Rata rata, hewan yang terjangkit memiliki kuku terbelah dua.

Meski demikian, adanya wabah pmk di beberapa daerah di jawa timur, tidak berpengaruh pada harga jual daging sapi di pasar yang ada di bojonegoro. Kondisi tersebut salah satunya seperti terpantau di pasar tradisional kota bojonegoro. Saat ini harga daging sapi di pasar setempat masih stabil dikisaran harga 120 ribu rupiah per kilogramnya.

menurut para pedagang daging sapi di pasar tradisional bojonegoro, meski belum berdampak terhadap harga daging sapi, wabah pmk di prediksi akan membuat stok daging sapi tersendat. Pasalnya, pihak terkait menutup pasar hewan di daerah wabah. Kondisi ini, membuat para pedagang daging sapi mengandalkan stok sapi dari peternak lokal bojonegoro.

Sementara itu, menurut kabid kesehatan hewan dinas peternakan dan perikanan bojonegoro, sugiharti sri rahaju, daging hewan yang terjangkit pmk aman untuk dikonsumsi. Untuk itu, ia mengimbau kepada peternak agar tidak panik dan selalu waspada. Karena penyakit mulut dan kuku bisa sembuh, dan tidak berbahaya bagi manusia dan tidak menular ke manusia.

Wwncara, sugiharti sri rahaju, kabid kesehatan hewan dinas peternakan dan perikanan bojonegoro.

penjual daging sapi berharap, agar pemerintah untuk mengantisipasi adanya penutupan pasar sapi, sehingga jika mencari sapi tidak kesulitan.