Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, June 21, 2022, 15:26 WIB
Last Updated 2022-06-22T07:15:40Z
Edukasi | BudayaTubanViewerViral

Pastikan Jurnalis Bebas Narkoba, BNNK Tuban Gelar Tes Urine


TUBAN - Berbagai upaya dilakukan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban untuk melakukan pencegahan dan deteksi dini peredaran narkotika di tengah masyarakat. Salah satunya dengan mengajak Wartawan di Kabupaten Tuban untuk mengikuti tes urine, pada Selasa Siang (21/06/2022).

Tes urine ini digelar di kantor BNNK Tuban di Jalan Ronggolawe, Kelurahan Ronggomulyo, Kecamatan Tuban Kota, dan diikuti sedikitnya 18 wartawan dari berbagai media cetak, online dan televisi yang bertugas di Kabupaten setempat.

Tes urine ini diawali oleh Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana. Setelah itu, satu persatu wartawan mengambil cup dan mengantri di toilet yang dijaga petugas untuk tes urine. Urine yang telah disetorkan kepada tim bnnk langsung dilakukan pengujian menggunakan alat khusus. Kurang dari satu menit hasil tes sudah bisa diketahui.

Menurut Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana pihaknya mengajak wartawan memberikan contoh kepada masyarakat dengan bersedia mengikuti tes urine. Hasilnya, seluruh wartawan dinyatakan negatif atau bebas narkoba.

“Kegiatan ini juga merupakan rangkaian hari anti narkotika internasional (HANI) 2022.” Jelas Kepala BNNK Tuban.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari para wartawan. Meski demikian, para jurnalis berharap, BNNK Tuban kedepan lebih serius lagi melakukan upaya pencegahan dini serta penanganan terhadap peredaran narkoba, khususnya di kalangan anak muda dan anak-anak usia sekolah.

“Saya harap tes urine ini tidak hanya formalitas untuk OPD, Pegawai maupun wartawan. Tapi BNNK Tuban juga melakukan pencegahan dini, khususnya di kalangan anak muda dan anak-anak sekolah.” Harap Heri Setiawan, salah satu wartawan peserta tes urine.