Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, July 25, 2022, 16:57 WIB
Last Updated 2022-07-25T09:57:08Z
BojonegoroHukum | PeristiwaViewerViral

DLH Bojonegoro Ungkap Air Sungai Bengawan Solo Tercemar Amonia


BOJONEGORO - Air Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro diketahui tercemar amonia. Limbah kimia itu diketahui dari alat pendeteksi milik Kementerian Lingkungan Hidup di Instalasi PDAM Bengawan Solo Kecamatan Padangan Bojonegoro.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bojonegoro Hanafi mengatakan, jika limbah amonia membuat kandungan oksigen di air menurun. Dari hasil temuan alat tersebut kandungan amonia di air bengawan solo mencapai 7 gram per liter. Sementara normalnya kandungan amonia 0.2 gram.

“Temua ini berdasarkan alat deteksi dari Kementerian Lingkungan Hidup yang terpasarng di Instalasi PDAM Bengawan Solo Padangan mas,” Ungkap Hanafi.

Oleh karena itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak memberikan air Bengawan Solo ke hewan ternak. Bahaya kandungan amonia yang tinggi ini, juga dapat mengganggu kesehatan manusia jika terkena kulit atau terminum langsung.

“Kami imbau agar masyarakat tidak memberikan minum dari air bengawan solo untuk ternak mereka,” Imbuh Kepala DLH Bojonegoro.

Hingga kini, pihak DLH Bojonegoro masih terus menelusuri lebih jauh tentang asal-usul amonia di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro ini. (lim/rok)