Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, July 8, 2022, 17:29 WIB
Last Updated 2022-07-08T10:29:10Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanViewerViral

Pemkab Bojonegoro Akan Gelar Ruwatan Massal Gratis di Kayangan Api


BOJONEGORO - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat akan menggelar ruwatan murwakala massal gratis bagi masyarakat. Ruwatan murwakala tersebut akan digelar di wisata Kayangan Api, Desa Sumberharjo, Kecamatan Dander, Bojonegoro, pada tanggal 30 Juli 2022 mendatang. 


Acara ruwatan massal tersebut akan diiringi pagelaran wayang kulit oleh Dalang Kondang Ki Priyo Darsono. Ruwatan massal ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro setiap tahunnya. 


“Sebelumnya, acara ini sempat terhenti 2 tahun akibat pandemi covid-19. Melandai kasus covid-19 di Bojonegoro, membuat acara ini kembali digelar pada tahun ini.” Jelas Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro Deny Ike Kirmayanti, pada Jumat (8/7/2022).


Ia menambahkan, kegiatan ruwatan murwakala massal dilaksanakan bertepatan tanggal 1 suro pada kalender jawa. Ruwatan masal ini digelar untuk membantu meringankan beban biaya bagi masyarakat yang ingin melakukan ruwatan. 


“Bagi masyarakat yang akan mengikuti ruwatan massal, pendaftaran akan dibuka pada tanggal 4 sampai 25 Juli 2022, dengan syarat mengumpulkan foto kopi Ktp, dan Kartu Keluarga di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Bojonegoro.” Terangnya.


Acara ruwatan massal dibatasi hanya untuk 50 orang yang diperuntukan bagi warga asli Bojonegoro. (edo/rok)