Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, July 16, 2022, 16:06 WIB
Last Updated 2022-07-16T09:06:03Z
Edukasi | BudayaPojok PituViewerViral

Ribuan Umat Muslim Hadiri Haul Habib Abu Bakar Assegaf


GRESIK - Ribuan orang dari berbagai daerah di Indonesia menghadiri acara Haul Habib Abu Bakar Assegaf ke-67 di Masjid Jami Alun-Alun Kabupaten Gresik, pada Sabtu (16/07/2022). Mereka datang tidak hanya dari Jawa, banyak juga yang dari luar jawa seperti Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera.

Pada puncak rangkaian haul hari ini, jamaah menggelar maulid Nabi Muhammad di kediaman Al-Qutub Al-Habib Abu Bakar bin Muhammad bin Umar Assegaf. Setelah maulid para jamaah kemudian menuju Masjid Jami' Gresik dimana di dalamnya terdapat makam Habib Abu Bakar Assegaf.

Secara bergantian, para undangan dari berbagai daerah secara bergantian masuk ke area masjid. Namun, untuk memasuki area makam Habib Abu Bakar Assegaf, pihak penyelenggara hanya memberi akses khusus bagi tamu undangan saja.

Banyaknya warga yang hadir dalam haul ini, membuat rombongan habaib yang hendak masuk ke masjid jami’ kesulitan. Namun, setelah beberapa saat diatur oleh para relawan, rombongan habaib ini akhirnya bisa masuk.

Warga yang jauh-jauh datang mengaku senang bisa “ngalap berkah”, meski harus berdesakan.

“Saya dari solo mas, datang untuk ngalap berkah Haul Habib Abu Bakar Assegaf.” Kata Warjono.

Pada haul ini, panitia dan relawan juga menyediakan 10 ribu bungkus nasi krawu serta minum gratis untuk para warga yang datang.

“Kami sediakan makan nasi krawu dan minum gratis untuk warga yang datang.” Jelas Magrudi, Relawan Haul Habib Abu Bakar Assegaf.

Dalam haul ini, setelah pembacaan yasin dan tahlil dan munakib, dilanjutkan dengan doa untuk keselamatan semua termasuk keselamatan bangsa dan negara Indonesia. (min/rok)