Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, July 15, 2022, 14:05 WIB
Last Updated 2022-07-15T07:05:35Z
Hukum | PeristiwaTubanViewerViral

Suasana Haru Warnai Kunjungan Tatap Muka Perdana di Lapas Tuban


TUBAN - Suasana haru mewarnai kunjungan tatap muka perdana keluarga napi dilembaga pemasyarakatan kelas ii-b kabupaten tuban, pada kamis pagi.layanan kunjungan secara langsung dan terbatas ini, dibuka untuk pertama kalinya, setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi covid-19.
 
Meski kunjungan tatap muka ditiadakan, napi diberikan fasilitas bertemu keluarga dengan video call, untuk mengobati kangen dengan keluarga. Itu pun, dibatasi waktu dan hanya nomor keluarga yang telah didaftarkan saja, yang dapat dihubungi.
 
Kunjungan perdana ini, disambut begitu antusias oleh keluarga napi. Warga binaan maupun keluarganya merasa sangat senang bisa bertemu tatap muka langsung, setelah sebelumnya hanya bisa bertemu melalui layanan daring dari lapas.

Pertemuan antara narapidana dengan keluarga di ruang pelayanan kunjungan ini tetap mendapat pengawasan ketat dari petugas. Meski dengan waktu yang terbatas, napi dan keluarga sangat bersyukur. Bahkan, tak jarang mereka yang menangis bahagia.
 
Kunjungan tatap muka terbatas ini digelar kali pertama. Selama dua tahun terakhir, kunjungan terpaksa dilakukan secara daring karena pandemi covid-19. Layanan kunjungan tatap muka ini, masih tahap uji coba yang dibuka setiap selasa dan kamis mulai pukul 08:00 sampai 10.00 wib.
 
Dalam tahap uji coba ini, waktunya hanya sepuluh menit bagi satu narapidana. Selain itu, juga untuk pembesuk juga dibatasi maksimal tiga orang terdiri dari orang tua, suami atau istri dan anak. Sedangkan syarat pembesuk sudah melakukan vaksin booster.