Iklan

Redaksi JTV
Tuesday, August 23, 2022, 12:10 WIB
Last Updated 2022-08-23T07:44:36Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanViewerViral

Bojonegoro Wakili Jatim di Lomba Kinerja Petugas Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Teladan

 
BOJONEGORO - Kabupaten Bojonegoro menjadi wakil dari Provinsi Jawa Timur dalam lomba kinerja petugas operasi dan pemeliharaan irigasi teladan tingkat nasional tahun 2022. Pada lomba ini, Kabupaten Bojonegoro bersaing dengan 8 Kabupaten yang mewakili 8 Provinsi.

Dewan juri Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR melakukan penilaian tahap 2 dengan  kategori pengamat irigasi permukaan daerah irigasi pacal. Penilaian perlombaan, digelar di kantor pengamat operasi dan pemeliharaan daerah irigasi pacal, tepatnya di Desa Mayangkawis, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Senin (22/08/2022). 

Pada perlombaan ini, Kabupaten Bojonegoro masuk pada kategori pengamatan irigasi permukaan daerah irigasi pacal wilayah 2. Rangkaian lomba kinerja petugas operasi dan pemeliharaan irigasi teladan tingkat nasional ini merupakan tahun ke 9, ata sudah digelar sejak dari tahun 2016. 

Lomba ini diikuti oleh 34 provinsi yaitu 37 BBWS BWS di seluruh Indonesia. Dengan tujuan memberikan motivasi dan juga pembinaan kepada petugas op irigasi di seluruh Indonesia, dalam peningkatan kinerja khususnya pengelolaan irigasi.

Sub Koordinator Wilayah 2, Dirjen Bina Op Direktorat Sumber Daya Air, Lilik Muzdalifah mengatakan, pihaknya hari ini melakukan penilaian kinerja lapangan. Hal ini merupakan rangkaian tahap penilaian sebelumnya, yakni terkait profil, video dan presentasi, serta kemudian dikroscek di lapangan.

“Ini tahap kedua dalam rangkaian penialain lomba setelah sebelumnya kita melakukan penilaian dari profil, video dan presentasi peserta,” jelasnya.


Sementara itu, juri penilaian lomba kinerja petugas O&P irigasi telandan tingkat nasional menjelaskan. Penilaian tahap ke 2 ini meliputi penilaian di kantor, berupa pengecekan data, blanko, dokumen, serta kegiatan operasi pemeliharaan yang sudah dilaksanakan oleh pengamat irigasi.

“Setelah dilakukan penilaian pada tahap ke 2, nanti akan dilakukan penilaian tahap ke 3, yakni pada tanggal 2 September di Makassar, untuk menentukan juara 1 lomba kinerja petugas op irigasi telandan tingkat nasional.” Jelas Sigit Supatmo Arif, juri lomba. (edo/rok)