Iklan

Redaksi JTV
Tuesday, August 23, 2022, 11:37 WIB
Last Updated 2022-08-23T07:43:40Z
Edukasi | BudayaPojok PituViewerViral

Sejumlah Pemain Bantengan di Jombang Kesurupan dan Mengamuk

 
JOMBANG - Kegiatan pawai budaya dan festival bantengan yang digelar dalam rangka HUT kemerdekaan RI ke 77 di Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang diwarnai aksi kesurupan. Sejumlah pemain kesenian bantengan mengamuk dan nyaris menyerang penonton. Beruntung sang pawang segera mengendalikan dan mengevakuasi para pemain yang tidak sadarkan diri ke lokasi yang aman.

Sebelumnya, puluhan pemain bantengan tampil dihadapan ribuan penonton. Mendadak para pemain ini langsung berlarian tidak tentu arah hingga nyaris menyerang warga. Warga yang kaget sempat menjerit ketakutan. Sejumlah pemain lain langsung berusaha mengendalikan pemain kesenian tradisional yang mulai kesurupan.

Kepala Desa Menganto, Yunus Ardiansah mengatakan, kegiatan pawai budaya dan festival seni bantengan menjadi bagian dari kegiatan peringatan HUT kemerdekaan RI ke 77 yang digelar pemerintah desa setempat. 

“Kegiatan pawai budaya dan festival bantengan ini digelar dan diikuti seluruh warga desa Menganto. Seluruh perwakilan RT dan RW menampilkan potensi masing-masing,” jelasnya saat ditemui Selasa (23/08/2022).

Selain arak-arakan bantengan, seni patrol hingga aneka penampilan seni budaya memenuhi sepanjang jalan arlternatif yang menghubungkan desa tersebut. Ribuan penonton tampak antusias menonton kegiatan yang sudah  hampir dua tahun tidak digelar karena pendemi.  

“Selain karnaval dan festival bantengan, ada kegiatan perlombaan lainnya yang tidak kalah menarik,” tutup Kades Menganto. (ful/rok)