Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, August 29, 2022, 16:24 WIB
Last Updated 2022-08-29T09:27:28Z
Kabar ApikPotensi DaerahViewerViral

Bupati Bojonegoro Berangkatkan 31 Peserta Pawai Budaya SMA,SMK,MA, Perguruan Tinggi dan Umum


BOJONEGORO - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, pada Minggu (29/08/2022) pagi menyelenggarakan pawai budaya Kabupaten Bojonegoro tahun 2022. Pawai budaya dilaksanakan di Jalan Mas Tumapel Alun-alun Kota Bojonegoro.

Pawai budaya dihadiri oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, jajaran Forkopimda, DPRD, Jajaran Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Dewan Juri, serta seluruh peserta dan warga.

Pawai budaya Kabupaten Bojonegoro tahun 2022 ini, mengusung tema pesona budaya Bojonegoro sekaligus dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 77. Dengan tujuan pelaksanakan pawai budaya yang ditunjukkan untuk menggali, mensosialisakikan serta mengedukasi masyarakat, tentang seni dan budaya kabupaten bojonegoro, sekaligus melestarikan dan mengenalkan seni budaya yang ada di Bojonegoro kepada masyarakat.

Pawai budaya di mulai sekitar pukul 8 pagi, diikuti sebanyak 31 peserta terdiri dari 13 kelompok SMA, SMK dan MA serta 18 kelompok dari perguruan tinggi serta umum. Masing masing peserta, terlihat membawakan karya yang ditampilkan beraneka ragam. Dimana penampilan yang dibawakan, menunjukkan kekayaan seni dan budaya beragam yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

Para peserta tampil secara totalitas dalam mepresentasikan pesona budaya Bojonegoro, baik melalui busana, riasan, atribut, dan alat musik tradisional seperti oklik.

Rute pawai budaya mengelilingi Kawasan Kota Bojonegoro, yakni di mukai dari start dijalan mas tumapel, menuju Jalan Mastrip, kemudian ke Jalan MH Thamrin, dilanjutkan ke jalan Panglima Sudirman, melewati Jalan WR Supratman, kemudian menunu Jalan Rajawali, dan finish di Jalan Imam Bonjol.

Sebelum memberangkatkan peserta pawai budaya, Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah dalam sambutan dan arahanya menyampaikan. Sudah 2 tahun lebih, Kabupaten Bojonegoro tidak mengadakan maupun melaksanakan pawai budaya rutin tiap tahunnya. sehingga, hari ini mulai diselenggarakan pawai budaya.

Bupati melihat masyarakat di Kabupaten Bojonegoro dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 hampir di tinggat Kecamatan, Desa bahkan tingkat RT melakukan syukuran, termasuk pawai budaya di beberapa desa melaksanakan itu. Terlihat masyarakat sangat antusias dengan adanya pawai budaya, selain untuk melestarikan budaya Bojonegoro juga untuk menumbuhkembangkan sektor sektor ekonomi, terutama produk Kabupaten Bojonegoro.

Dalam momentum pawai budaya tersebut, Bupati Bojonegoro menyapa warga Bojonegoro dengan menggunakan produk putra daerah, dari zahida painting, berupa art painting dengan media kain. Bupati mengajak, untuk menghargai produk lokal, karena seni dan desajn loka juga sangat cantik, menarik dan berdaya saing tinggi.

Kedepan, Bupati Bojonegoro akan mendorong, putra putri anak muda terus berinovasi, dan akan menugaskan dinas terkait agar menyelengarakan ngelenyer fashion week dalam waktu dekat. Ngelenyer fashion week, akan melibatkan putra putri khusunya sekolah jurusan tata busana, maupun selain jurusan tata busana.

Bupati berharap, konstribusi muda mudi terus berinovasi dan menumbuh kembangkan sektor usaha, termasuk megurangi angka penggangguran. Selain itu, bupati anna mu'awanah juga berpesan, nanti berlangsung pawai budaya untuk menjaga kamtibmas dan protokol kesehatan, termasuk menjaga kesehatan.

Belangsungnya pawai budaya Kabupaten Bojonegoro pada tahun ini, rupanya sangat meriah dan di sambut antusias oleh peserta dan masyarakat. Terbukti, mulai dari jalan mas tumapel alun alun kota bojonegoro, hingga rute jalan yang dilewati peserta pawai budaya, dipenuhi oleh masyarakat kabupaten bojonegoro, yang sangat antusias melihat sekaligus menikmati berbagai penampilan dari peserta pawai budaya. (edo)