Iklan

Redaksi JTV
Wednesday, August 17, 2022, 11:31 WIB
Last Updated 2022-08-17T04:31:21Z
TubanViewerViral

HUT Kemerdekaan RI ke 77, 550 Petani di Tuban Gelar Upacara Bendera di Lahan Pasca Tambang

 
TUBAN – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, sedikitnya 550 orang Petani Green Belt dan masyarakat binaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Ghopo Tuban, menggelar upacara bendera di lahan pasca tambang tanah liat, Desa Tlogowaru, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, pada Rabu (17/08/2022).
 
Selain upacara detik-detik proklamasi, dalam acara Apel Keberdayaan Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77  dengan tema “Petani Merdeka & Berdaya Menopang Ketahanan Pangan Bersama SIG GhoPO Tuban” ini juga dilaksanakan beberapa kegiatan lain. Diantaranya jalan sehat gembira berkeliling Ecopark Kambangsemi, hingga lomba kerjasama kelompok antar Petani Greenbelt dan Klaster Pemberdayaan.
 
Tuban Community Development Officer, Siswanto mengatakan, melalui momentum peringatan HUT RI Ke – 77 tahun 2022, CSR SIG Tuban memfasilitasi aspirasi petani green belt dan klaster pemberdayaan masyarakat binaannya dalam menyelenggarakan upacara peringatan detik-detik proklamasi dan kegiatan perlombaan antar kelompok tani dan klaster pemberdayaan.
 
“CSR SIG Tuban sangat mendukung penuh aspirasi ini, karena memiliki nilai positif dalam menguatkan kontribusi dan kolaborasi perusahaan dengan masyarakat sekitar. Terlebih lagi, sebagai perusahaan BUMN, aspirasi ini perlu didukung penuh guna penguatan nasionalisme dan sinergitas dengan masyarakat,” Jelas Siswanto.
 
Siswanto menambahkan, dalam pandangan yang lebih strategis, momentum ini difungsikan CSR SIG Tuban sebagai media untuk menguatkan kembali motivasi pemberdayaan, semangat kolaborasi antar kelompok dan sinergi antar pemangku kepentingan.



 
Sementara itu, Senior Manager Of Corporate Communication SIG GhoPO Tuban, Setiawan Prasetyo, mengatakan keseluruhan rangkaian acara ini diselenggarakan di area Ecopark Kambangsemi yang merupakan lahan paska tambang tanah liat milik SIG Ghopo Tuban.
 
Alasan pemilihan lokasi ini didasarkan pada tujuan untuk mengenalkan pada masyarakat sekitar perusahaan dan publik bahwa SIG berkomitmen mengoptimalkan lahan paska tambang tanah liat menjadi pusat edukasi dengan produk turunannya yaitu terbentuknya program-program pemberdayaan masyarakat.
 
“Dimana saat ini, Ecopark Kambangsemi dapat menjadi ruang pemberdayaan masyarakat yang efektif   seperti Perkebunan Pisang Cavendish, Ternak Ayam Petelur, Ternak Kambing, Ternak Ikan Lele, Bale Kriya, Perikanan Keramba Jaring Apung, dan Penyulingan Kayu Putih,” ungkapnya.
 
Pada kesempatan tersebut, Setiawan Prasetyo juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus mendukung keberlangsungan perusahaan semen milik Negara ini. Sehingga, dapat berkontribusi positif kepada masyarakat.
 
“Saya mohon kepada seluruh masyarakat untuk terus mendukung keberadaan perusahaan. Salah satunya dengan menggunakan produk – produk SIG saat membangun,” pungkasnya. (*/rok)