Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, August 16, 2022, 16:26 WIB
Last Updated 2022-08-16T09:26:02Z
Kabar ApikPolitik | PemerintahanViewerViral

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Bojonegoro, Dengarkan Pidato Presiden Jokowi


KABAR APIK - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, menggelar rapat paripurna istimewa mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam rangka HUT RI ke 77 Tahun 2022, di ruang paripurna DPRD Bojonegoro, pada Selasa (16/08/2022).

Hadir dalam rapat paripurna istimewa, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, Sekretaris Daerah Bojonegoro Nurul Azizah, Kapolres Bojonegoro AKBP Muhammad, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudho Purwanto, Kepala Kejaksaan Negeri Bojonegoro Badrut Tamam, Forum Koorinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bojonegoro dan segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro.

Rapat pembukaan paripurna istimewa DPRD Bojonegoro dibuka langsung oleh Ketua DPRD Bojonegoro Abdulloh Umar sekaligus pimpinan rapat. Dalam kesempatan ini Abdulloh Umar menyampaikan, tema besar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 adalah pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

“Hal ini mengacu pada peristiwa yang dialami kurang lebih selama 2 tahun terakhir oleh bangsa indonesia, yakni pandemi covid 19. Indonesia menghadapi tantangan dan ujian, sejarah ketimpangan sosial hingga tekanan ekonomi yang sangat berat, dirasakan oleh masyarakat di penjuru indonesia. Namun di tengah kepurukan semua elemen bangsa bergerak bersama, dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan,” Terangnya.

Momentum HUT RI ke 77 ini, merefleksikan bagaimana nilai nilai pancasila dan bhineka tunggal ika, dalam mempersatukan dan menyatukan bangsa ini dalam menghadapi tantangan yang ada. Dasar dasar negara yang momentum, untuk bersama untuk pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global, dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa indonesia maju.

“Melalui peringatan hari ulang tahun kemerdekaan ini, kita aktualisasikan terus, jiwa dan semangat proklamasi kemerdekaaan dengan berbagai upaya, untuk menjadikan bojonegoro yang produktif dan energik, yang akan terus bergerak kedepan melalui aksi dan dinamika perubahan semakin maju setta lebih baik,” Imbuh Ketua DPRD Bojonegoro.

Secara resmi rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Bojonegoro dibuka langsung oleh pimpinan rapat Abdulloh Umar. Dilanjutkan mendengarkan dan mengikuti rapat paripurna DPR RI, di Gedung Nusantara melalui virtual.

Acara selanjutnya mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dalam rangka penyampaian lapiran kinerja lembaga-lembaga negara, dan pidato dalam rangka HUT kemerdekaan RI ke 77.

Dalam pidato kenegaraanya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengampaikan. Krisis kesehatan pandemi covid 19 belum sepenuhnya bangkit, perekonomian dunia juga belum bangkit. Sebanyak 107 negara mengalami krisis, dan sebagian diantaranya diperkirakan akan jatuh bangkrut.

“Diperikarakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem. Dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan,” terang Jokowi.

Presiden Joko Widodo mengatakan, ujian tersebut sangat tidak mudah untuk dunia, maupun bagi indonesia. Semuanya harus dihadapi dengan kehati-hatian, dan kewaspadaan. Ditengah tantangan yang berat, patut bersyukur indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global saat ini.

“Negara indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi covid 19, termasuk 5 besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, yaitu 432 juta vaksin yang telah disuntikkan,” Imbuh Presiden.

Inflasi juga berhasil dikendalikan dikisaran angka 4,5%. Angka tersebut jauh dibawah rata rata inflasi asia, yang berada di sekitar 7%, dan jauh dibawah inflasi di negara negara maju yang berada di sekitar 9%.

“Bahkan sampai pertengahan tahun 2022 ini, APBN surplus 106 triliun rupiah,” Lanjut Jokowi.

Oleh karena itu, Pemerintah mampu memberikan subsidi BBM, subsidi LPG dan subsidi listrik, sebesar 502 triliun di tahun 2022 ini. Hal tersebut dilakukan agar harga BBM di masyarakat tidak melambung tinggi.

Selain itu, ekonomi berhasil tumbuh positif di angka 5,44% pada kuartal ke 2 tahun 2022 ini. Neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan secara berturut-turut, dan di semester 4 di tahun 2022 ini surplusnya sekitar 364 triliun rupiah.

Presiden Joko Widodo, dalam pidatonya juga menyampaikan. Dalam menghadapi pandemi covid 19 yang melanda seluruh dunia, bangsa Indonesia telah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh.

Dengan keaneka ragaman hayati terkaya di dunia, pasti menjadi kekuatan besar, Indonesia jika kita kelola secara bijak dan berkelanjutan. Hal ini akan membuka lapangan kerja, meningkatkan ekspor, meghasilkan devisa, meningkatkan pendapatan negara serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

“Dengan jumlah penduduk yang sangat besar, serta didominasi omeh anak muda usia produktif, dan daya beli masyarakat yang terus meningkat, akan menjadi motor penggerak ekonomi nasional, dalam menghadapi kompetisi global,” Tegas Presiden RI.

Tahun ini, Indonesia menjadi presiden G20. Organisasi 20 negara ekonomi terbesar di Dunia. Dan di tahun depan, Indonesia menjadi ketua negara negara ASEAN. Artinya, saat ini Indonesia berada di puncak kepemimpinan global, dan memperoleh kesempatan besar, untuk membangun kerjasama internasional.

“Reformasi struktural, sumberdaya saing dan iklim berusaha terus diupayakan, dan untuk investasi dan pertumbuhan UMKM terus diperbaiki. Artinya ekonomi indonesia bukan hanya tumbuh pesat, tetapi juga tumbuh merata menuju pembangunan indonesia yang sentris,” Lanjut Jokowi.

Dengan kekuatan dan peluang tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan, bahwa Indonesia mempunyai kesempatan besar untuk membangun Indonesia yang inklusif, berkeadilan dan berkelanjutan.

Setelah mendengar pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, rapat paripurana istimewa DPRD Bojonegoro, kemudian ditutup oleh Abdulloh Umar sekalu pimpinan rapat.

“Demikian rapat paripurna istimewa dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rangka HUT RI ke 77 Tahun 2022, saya nyatakan ditutup,” tutup Ketua DPRD Bojonegoro. (edo/yan/rok)