Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, August 17, 2022, 15:52 WIB
Last Updated 2022-08-17T08:52:24Z
BojonegoroPotensi DaerahViewerViral

HUT RI ke 77, Ratusan Pesilat di Bojonegoro Gelar Upacara Bendera


BOJONEGORO - Ratusan anggota perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, pada Rabu pagi (17/08/2022) menggelar upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 77, di lapangan Bendung Gerak, Desa Padang Kecamatan Trucuk, Bojonegoro.

Upacara bendera sekaligus peringatan 1 abad PSHT ini diikuti sekitar 600 an anggota perguruan pencak silat PSHT dari seluruh desa di Kecamatan Trucuk, Bojonegoro. Anggota yang datang wajib memakai atribut dan seragam pencak silat lengkap. Upacara kemerdekaan ini berlangsung khidmat hingga selesai.

Usai upacara bendera, di akhir acara ditampilkan beberapa peragaan seni pencak silat. Mulai dari seni tunggal, seni ganda, regu hingga solospel, hingga sambung ganda. Selain itu, juga menampilkan seni menggunakan senjata tradisional, mulai dari senjata trisula, pedang hingga krabit.  

Ketua PSHT Ranting Trucuk Bojonegoro, Teguh Eko Cahyono, mengatakan, Ki Hadjar Hardjo Oetomo pendiri PSHT merupakan salah satu pahlawan perintis kemerdekaan RI. Untuk itu, anggota PSHT diwajibkan untuk cinta tanah air serta menghargai jasa-jasa para pejuang dan perintis kemerdekaan.

“Sementara adanya penampilan seni pencak silat ini untuk memeriahkan peringatan HUT RI ke 77 sekaligus 1 abad PSHT di Bulan Suro,” tegasnya.

Ketua psht ranting trucuk bojonegoro berharap, kedepan peringatan HUT RI bisa lebih dimeriahkan dari tahun ini. (edo/rok)