Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, August 16, 2022, 16:24 WIB
Last Updated 2022-08-16T09:24:55Z
Hukum | PeristiwaTubanViewerViral

Pemkab Tuban Jembatani Persoalan PHK Massal di PT IKSG Tuban


TUBAN - Demo yang dilakukan oleh ribuan buruh di PT Industri Kemasan Semen Gresik (IKSG) Kabupaten Tuban, pada Senin siang kemarin, mendapat tanggapan dari Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky. Tanggapan tersebut disampaikan Bupati Tuban usai mengikuti rapat paripurna istimewa di gedung DPRD Tuban, pada Selasa siang (16/08/2022).

Menurut Bupati Tuban, pihaknya sebagai penjembatan kepentingan sudah melakukan mediasi dengan mendatangkan kedua belah pihak, yakni PT IKSG Tuban dengan perwakilan buruh. Dari mediasi tersebut, pihak pemkab tuban mengaku kasihan dengan nasib para buruh yang di PHK. Namun, disisi lain pihak perusahaan kondisi keuangannya juga kurang sehat.

“Untuk itu, saat ini pihak pemkab tuban sedang mencarikan titik temu terbaik untuk kedua belah pihak. Dengan harapan kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan,” Jelas Mas Bupati.
 
Diberitakan sebelumnya, unjuk rasa ribuan buruh menolak PHK massal di Kantor PT IKSG Tuban, diwarnai kericuhan. Seribuan massa buruh yang emosi, menerobos masuk gerbang besi pabrik secara paksa untuk menemui manajemen perusahaan.

Akibatnya, massa terlibat saling dorong dengan aparat keamanan yang mencoba menghalau. Demo ini dilakukan para buruh untuk memprotes phk massal yang dilakukan pihak perusahaan. (dzi/rok)