Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, August 23, 2022, 16:02 WIB
Last Updated 2022-08-23T09:14:51Z
BojonegoroPotensi DaerahViewerViral

Telur Mahal, Omset Peternak Ayam Petelur di Bojonegoro Naik 50%


BOJONEGORO - Sejak sebulan terakhir harga telur ayam di tingkat peternak di Bojonegoro, terus mengalami kenaikan hingga menyentuh harga 27.000 rupiah per kilogram. Hal ini berdampak positif bagi peternak ayam petelur sebab keuntungan mereka naik drastis hingga mencapai 50 persen.

Kondisi tersebut seperti yang dirasakan oleh para peternak ayam petelur di Desa Simbatan, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, pada Selasa (23/08/2022). Salah satunya Mahfud, peternak ayam petelur di desa setempat.

Menurutnya, tingginya harga telur ini sudah dirasakan sejak lebih dari sebulan yang lalu. Hal ini diduga karena adanya penurunan produksi dari ayam petelur yang rata-rata sudah tidak produktif, sementara permintaan pasar cukup tinggi.

Dalam sehari mahfud mengaku, lebih dari seribu ekor ayam yang dipelihara rata-rata mampu menghasilkan 50 kilogram telur perhari.

“Jumlah ini belum bisa memenuhi permintaan pelanggan yang datang setiap hari,” ungkapnya.

Adapun dengan harga telur saat ini sebesar 27.000 perkilogram, omset peternak naik rata-rata sebesar satu juta tiga ratus ribu rupiah tiap harinya. Tingginya harga telur ayam ini akan terus terjadi, setidaknya hingga satu bulan ke depan. (lim/rok)