Iklan Beranda

Redaksi JTV
Sabtu, 24 September 2022, 11:59 WIB
Last Updated 2022-09-24T04:59:11Z
Potensi DaerahTubanViewerViral

Berkah Musim Kemarau, Hasil Panen Tembakau di Tuban Melimpah

 

Suasana panen tembakau di Desa Sambongrejo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, pada Sabtu (24/09/2022).

TUBAN - Musim kemarau menjadi berkah tersendiri bagi petani tembakau di Kabupaten Tuban. Salah satunya seperti yang dirasakan para petani tembakau di Desa Sambongrejo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, pada Sabtu (24/09/2022) pagi. 

Memasuki masa panen tahun ini, petani setempat dipastikan meraup untung karena hasilnya panen tembakau melimpah dan kualitas daunnya juga cukup bagus. Kondisi ini membuat para petani setempat bisa bernafas lega, lantaran harga jual tembakau juga cukup stabil di kisaran harga Rp3.000 per kilogram.

Salah satu petani tembakau setempat, Mustajib mengatakan, satu petak lahan tembakau seluas seribu meter persegi mampu menghasilkan sedikitnya tiga ratus kilogram atau tiga kuintal daun tembakau basah. 

“Musim kemarau kali ini alhadulillah hasil panen bagus. Panen pagi ini di area ini mencapai 300 kilo,” jelasnya kepada JTV di lokasi panen.

Selain karena jerih payah para petani, melimpahnya hasil panen tembakau kali ini juga tak lepas dari kestabilan cuaca. Sejak memulai masa tanam hingga memasuki masa panen, daerah sekitar terus dilanda kemarau. Cuaca panas tanpa hujan membuat tanaman tembakau mampu tumbuh subur dan menghasilkan daun berkualitas.

“Cuaca panas pada kemarau kali ini membuat hasil panen jadi bagus. Hasil ini mau dikirim ke Bojonegoro,” ujar Mustajib.

Para petani tembakau berharap, hasil panen serupa bisa didapatkan pada musim tanam selanjutnya. Sementara panen tembakau pada musim ini akan berakhir sekitar satu bulan kedepan. (dzi/rok)