Iklan Beranda

Redaksi JTV
Minggu, 18 September 2022, 17:09 WIB
Last Updated 2022-09-19T09:17:01Z
Potensi DaerahTubanViewerViral

BPBD Gelar Lomba Navigasi Darat Tingkat SMA di Kawasan Hutan Jati Tuban

TUBAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, menggelar lomba navigasi darat tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) se Kabupaten Tuban, pada Sabtu (17/09/2022) siang. Lomba yang digelar di hutan jati, Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban ini diikuti sedikitnya 480 siswa tingkat SMA, SMK, dan MA.

Pantauan JTV di lokasi, para peserta diminta menjelajah hutan dengan berbekal selembar peta dan alat navigasi digital maupun manual. Dengan dibantu kompas dan handphone, para peserta diminta menuju koordinat yang sudah ditentukan oleh panitia.

Pada jalur penjelajahan, terdapat beberapa pos panitia yang mana saat sampai disetiap pos, peserta harus meminta stempel panitia untuk mengisi kolom stempel yang sudah disediakan. Selain itu peserta juga diminta agar memahami dan menggambar jalur titik koordinat pada penjelajahan tersebut.

Terdapat tiga aspek yang dinilai pada lomba navigasi darat kali ini, yang pertama aspek ketepatan waktu, yang mana apabila peserta mampu membaca dan memahami navigasi dengan baik maka peserta akan selesai tepat waktu. Kedua, aspek kekompakan pada setiap regu. Dan yang ketiga, aspek inovasi, seperti pakaian yang dikenakan peserta saat lomba.

“Ikut lomba navigasi darat. Seru, mendaki-daki terus harus sampai pos terahir. tugasnya mencari titik koordinat,” jelas Nafa salah satu peserta asal MA Kerek.


Lomba ini baru pertama kali digelar di Kabupaten Tuban. Pada lomba ini, setiap satu sekolah mendaftarkan dua regu, yang mana dalam setiap satu regu terdapat lima siswa, dengan total setiap satu sekolah mendaftarkan sepuluh siswa dalam lomba navigasi darat ini.

“Regu dari sekolah saya isinya 5 cewek dan 5 cowok,” tambah nafa.

Tak hanya dari Tuban, peserta ternyata juga berasal dari siswa SMA asal Kabupaten Lamongan dan Tuban. Lomba navigasi tingkat sma yang pertama kali digelar di Provinsi Jawa Timur. 

“Selain dari Tuban, peserta juga ada dua sekolah dari luar Tuban yaitu Lamongan dan Blora,” ungkap Sudarmaji, Kalaksa Bpbd Tuban.

Kegiatan ini, bertujuan untuk memperkenalkan hutan yang ada di Kabupaten Tuban kepada masyarakat, khususnya bagi para pecinta alam, dan peserta lomba navigasi ini. (dzi/rok)

 
Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News