Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, September 3, 2022, 15:42 WIB
Last Updated 2022-09-03T08:54:16Z
Kabar ApikPotensi DaerahViewerViral

Kemeriahan Pawai Budaya Desa Padang Bojonegoro Peringati HUT RI ke 77


BOJONEGORO - Pemerintah Desa Padang, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, pada Sabtu pagi (03/09/2022) menggelar pawai budayaatau biasa disebut dengan karnaval. Karnaval dimulai dari start di Dusun Genuk desa setempat yang di ikuti oleh seluruh peserta, baik masyarakat desa padang maupun anak sekolah.

Adanya kegiatan karnaval ini, rupanya sangat disambut antusias serta sangat dinanti oleh ribuan masyarakat Desa Padang. Pasalnya, 2 tahun sebelumnya kegiatan serupa ditiadakan akibat pandemi covid 19.

Karnaval ini digelar sebagai sarana untuk memperkuat tali silaturahim maupun kerukunan masyarakat Desa Padang. Selain itu juga untuk memperkuat semangat rasa nasionalisme, dalam rangka memepringati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 di tahun 2022 ini.

Pawai budaya atau karnaval berlangsung sangat meriahdengan diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Padang mulai dari RT 1 hingga RT 18, serta di ikuti oleh anak sekolah. Pawai karnaval pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, hal itu lantaran pawai karnaval hari ini merupakan salah satu momentum  kebangkitan serta semangat masyarakat desa, untuk pulih pasca pandemi covid 19 melanda.

Pawai karnaval yang berlangsung dari pagi hingga siang hari ini berlangsung meriah dan disambut antusias oleh para peserta dan masyarakat setempat. Terbukti mulai dari start awal di Dusun Genuk, serta melalui rute jalan desa setempat, masyarakat tumpahruah memenuhi jalananuntuk menyaksikan pawai karnaval.

Terlihat masyarakat desa setempat sangat menikmati, berbagai penampilan yang dibawakan oleh peserta pawai karnaval, dengan mengusung tema yang beraneka ragam. Mulai dari tema pewayangan, teaterikal zaman penjajahan, kesenian reog, hasil panen raya, tarian adat papua, anak sekolah, hingga tema mantenan.

Para peserta menampilkan, serta membawakan tema yang dibawakan dengan penuh kreativitas, semangat, serta kecerian dan kegembiraan tepancar diwajah para peserta. Subagyo kepala desa padang menjelaskan, kegiatan hari ini dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 77. Adapun serangkaian kegiatan pada hari ini, yakni karnaval, donor darah, gebyar vaksin, dan acara puncak nanti malam, akan digelar pagelaran pentas ketoprak wono budhoyo dari Rembang Jawa Tengah.

“Dengan adanya serangkaian karnaval hari ini untuk memberdayakan masyarakat, sekaligus mengenang jasa para pahlawan, serta menumbuhkan jiwa nasionalisme bagi masyarakat,” Jelas Kades Padang, Subagyo.

Sementara itu, bagi peserta pawai karnaval merasa sangat senang dan antusias. Setelah 2 tahun pandemi covid 19 melanda, sekarang diberikan kesempatan, sekaligus di gelar pawai karnaval. Ia berharap, tahun depan akan dilaksanakan kegiatan seperti saat ini.

“Semoga tahun depan lebih meriah lagi,” harap Pipit, warga peserta pawai karnaval. (edo/rok)