Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, September 3, 2022, 15:46 WIB
Last Updated 2022-09-03T08:57:03Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanPotensi DaerahViewerViral

Gubernur Jatim Hadiri Pelatihan Kewirausahaan Koperasi Kareb


BOJONEGORO - Gubernur Khofifah Indar Parawansa, meresmikan peluncuran armada 15 unit armada dump truck dan pelatihan usaha anggota, karyawan, dan masyarakat di Koperasi Karyawan Redrying Bojonegoro (Kareb), di Jalan Jendral Basuki Rahmat Nomor 7 Bojonegoro, pada Jum'at sore (02/09/2022).

Selain dihadiri Gubernur Khofifah,kegiatan ini juga dihadiri Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, Forkopimda, Direktur Koperasi Kareb, Direktur LPDP Supomo, serta masyarakat dan karyawan Koperasi Kareb.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Khofifah Indar Parawansa turut menyertakan zakat produktif bagi 150 orang pelaku usaha ultra mikro yang ada di Bojonegoro dan sekitarnya.Sementara Koperasi Kareb juga membagikan 3 ribu paket sembako kepada anggota, karyawan, serta masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah Indar Parwansa sangat mengapresiasi berbagai inisiasi dan inovasi pengembangan unit usaha yang dilakukan Koperasi Kareb Bojonegoro. Ia berharap inisiasi dan inovasi yang dilakukan Koperasi Kareb dapat menjadi pemacu semangat koperasi lain di Jawa Timur untuk semakin maju dan berkembang.

Gubernur mengatakan, Koperasi dan UMKM Jatim merupakan tulang punggung perekonomian Jatim. Karena pada tahun 2021, Koperasi dan UMKM memberikan konstribusi lada PDRB Jatim sebesar 57,81% naik 0,56% dibandingkan di tahun 2020. Total PDRB Jatim mencapai 1.418,94 truliun, dengan kontribusi Koperasi dan UMKM sebesar 964 91 triliun.

“Peluncuran 15 dump truck ini sebagai upaya untuk meningkatkan usaha koperasi kareb yang pada akhirnya juga dapat memperluas lapangan pekerjaan bagi anggota maupun masyarakat sekitar,” Jelas Gubernur Jatim.

Tidak hanya itu, pelatihan kewirausahaan yang diinisiasi Koperasi Kareb bagi karyawan anggota maupun keluarganya diharapkan dapat menumbuhkan wirausahawan baru yang bisa menopang ekonomi keluarga,  apalagi saat pendemi covid 19 melanda. Selain itu, acara ini juga sekaligus menjadi rangkaian HUT ke 46 Koperasi Kareb Bojonegoro.

“Pelatihan tersebut meliputi peternakan burung puyuh, peternakan kelinci, budidaya ikan lele, dan pelatihan usaha olahan makanan dan minuman,” imbuh Khofifah.

Sementara itu, LPDP KUMKM Kemenkop UKM RI, Supomo mengatakan, koperasi kareb merupakan mitra strategis LPDB KUMKM. LPDBdari tahun 20220 sampai 2022, telah menyalurkan anggaran untuk koperasi kareb, salah satunya ubtuk armada dump truck.

“Dengan keberadaan dump truck, bisa berdampak pada kesejahteraan anggota koperasi,” ujarnya.

Direktur Koperasi Kareb Bojonegoro, Sriyadi Purnomo menjelaskan, launching serta adanya pelatihan untuk anggota dan keluarga karyawan,diharapkan bisa membantu pertumbuhan ekonomi yang ada di keluarga.

“Semoga ini bisa membantu pertembuah ekonomi, khususnya pagi anggota dan keluarga karyawan,” harapnya.

Didampingi Bupati Bojonegoro serta Direktur Utama Koperasi Kareb Bojonegoro, Gubernur Jawa Timur menyempatkan diri melihat proses pengahan tembakau, hingga menjadi tembakau. (edo/rok)