Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, September 6, 2022, 20:31 WIB
Last Updated 2022-09-07T04:25:18Z
Kabar ApikPotensi DaerahViewerViral

Pemdes Ngumpakdalem Bojonegoro Gelar Jalan Sehat, Peringati HUT RI Ke 77


KABAR APIK - Memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77, Pemerintah Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, menggelar acara jalan sehat serta senam bersama. Kegiatan yang digelar pada Minggu pagi (04/09/2022) kemarin ini, diikuti oleh ribuan warga.


Acara yang digelar secara terbuka dan umum ini, ternyata tak hanya warga Desa setempat, namun juga diikuti oleh warga desa sekitar, seperti warga Desa Sumodikaran, Desa Mojoranu, Desa Ngraseh hingga Desa Sumbertlaseh.


Tepat pukul 06.00 WIB dengan mengambil start di Halaman Kantor Balaidesa Ngumpakdalem para peserta diberangkatkan langsung oleh Kepala Desa Ngumpakdalem, Ahmad Burhani. Dengan mengambil rute sepanjang 4 kilometer, ribuan peserta jalan sehat disuguhkan pemandangan asri desa setempat. 


Ribuan peserta mulai dari anak-anak, remaja hingga orangtua nampak bersuka cita penuh semangat dan antusias mengikuti acara jalan sehat ini. Setelah selesai melakukan jalan sehat, para peserta kembali berkumpul di lapangan desa untuk mengumpulkan kupon undian yang akan diundi saat akhir acara.


Selain jalan sehat, warga masyarakat juga di hibur dengan senam bersama yang di pandu oleh instruktur senam profesional. 


Ketua Panitia, Agus Adit Hidayatullah dalam sambutannya menuturkan bahwa, dalam gelar jalan sehat dan senam bersama ini akan diumumkam juga pemenang lomba kemeriahan lingkungan dalam perayaan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.


Ia menjelaskan, dalam beberapa minggu sebelumnya ada beberapa juri rahasia yang telah berkeliling ke lingkungan warga untuk menilai bagaimana keadaan rumah warga, apakah meriah, bersih dan layak untuk menjadi juara. Hadiah lomba kemeriahan lingkungan pun tak main-main, hadiahnya berupa uang tunai senilai jutaan rupiah. 


“Tak hanya itu, untuk pemenang juara 1, 2, 3 juga akan dimasukan dalam program prioritas anggaran APBD tahun depan,” jelasnya.


Sementara itu, Kepala Desa Ngumpakdalem, Ahmad Burhani berharap, melalui jalan sehat dan senam bersama ini, dapat memupuk rasa persatuan dan kerukukan warga terjalin semakin erat. 


“Kegiatan ini juga sekaligus menjadi ajang menanamkan rasa kecintaan kita kepada negara kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.


Ahmad burhani menambahkan, jalan sehat dan senam bersama menjadi puncak hut ri ke 77. Tujuannya untuk menambah semangat warga. Dalam jalan sehat dan senam ini juga diselipi pengundian puluhan macam hadiah atau doorprize, diantaranya satu unit sepeda motor, sepeda gunung, TV , kulkas, kipas angin, rice cooker, dan masih banyak hadiah menarik lainnya.


Selain jalan sehat dan senam bersama, sederet kegiatan lain untuk mengisi perayaan hut ri ke 77, telah dilaksanakan diantaranya perlombaan tiap RT, karnaval desa, doa bersama dan istighosah serta santunan anak yatim. (lim/rok)


Ikuti berita terkini dari JTV Bojonegoro di Google News