Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, September 15, 2022, 13:35 WIB
Last Updated 2022-09-15T07:14:35Z
Hukum | PeristiwaTubanViewerViral

Ular Piton Tersangkut Eskavator saat Normalisasi Sungai di Tuban


TUBAN - Warga Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, digegerkan dengan penemuan ular piton yang tersangkut pada eskavator proyek normalisasi sungai setempat, pada Rabu sore (14/09/2022).

Saat ditangkap, ular ini sempat berusaha melarikan diri. Namun, ekor ular langsung ditarik oleh warga hingga akhirnya berhasil ditangkap hidup-hidup. Ular sepanjang 3,1 meter ini kemudian menjadi tontonan warga yang penasaran ingin melihat.

Menurut Tur Ali, warga yang menangkap ular, penemuan ular ini terjadi tanpa sengaja saat pekerja proyek melakukan pengerukan atau normalisasi sungai di desa setempat. Saat eskavator mengeruk sampah ke atas sungai, ular piton ini tersangkut bersama sejumlah telur yang dieraminya.

“Ularnya kegaruk alat berat pas lagi bersihkan sungai disitu. Ularnya sempat lari lalu saya tangkap bersama warga lain,” ungkapnya saat ditemui JTV di lokasi kejadian.

Agar tidak membuat resah warga, telur ular langsung dipecahkan. Sedangkan ular piton yang diduga kerap memangsa ternak warga ini, langsung ditangkap dan dimasukkan karung.

“Sungai disini dipakai mandi sama warga sehingga ularnya berbahaya. Selain itu, warga sini ternaknya juga sering hilang dimakan ular,” imbuhnya.

Rencananya, ular sepanjang 3,1 meter ini akan dikembalikan ke habitatnya di hutan. Namun, jika ada yang berminat memelihara, maka akan diberikan secara cuma-cuma. Pasalnya, selama ini ternak warga seperti ayam dan entok kerap hilang, diduga dimangsa ular ini. (dzi/rok)

Ikuti berita terkini dari JTV Bojonegoro di Google News