Iklan

jtvbojonegoro
Sunday, October 30, 2022, 17:28 WIB
Last Updated 2022-10-30T14:30:37Z
Kabar ApikPolitik | PemerintahanViewerViral

Abidin Fikri Pesankan Pentingnya Peran Partai Sesuai Konstitusi


KABAR APIK - Dalam rangka menguatkan wawasan kebangsaan di kalangan masyarakat Bojonegoro, Anggota Fraksi PDI Perjuangan MPR RI, H. Abidin Fikri, S.H.,M.H. menyelenggarakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kapas, Bojonegoro, Minggu (30/10/2022).

Agenda yang diikuti oleh seluruh pengurus PDI Perjuangan se-kecamatan Kapas berlangsung di Desa Tanjungharjo, Kapas, Bojonegoro. Dalam pemaparannya Abidin Fikri menjelaskan pentingnya peran partai politik bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. "Dalam Konstitusi UUD NRI 1945 Pasal 6A ayat 2 bahwa, Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden diusulkan oleh Partai Politik atau gabungan partai politik peserta pemilihan umum sebelum pelaksanaan pemilihan umum. Kemudian dalam Pasal 22E, ayat 3, Peserta pemilihan umum untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah adalah partai politik," jelas Abidin Fikri.

Lebih lanjut Ketua DPC PDI Perjuangan Bojonegoro tersebut menjelaskan bahwa,  Partai menempati level tertinggi dari berbagai jenis organisasi lainnya karena perannya menentukan arah kepemimpinan bangsa dan negara ke depan. Selain itu Partai Politik secara jelas disebut di dalam UUD NRI 1945, UU Pemilu dan UU Partai Politik. 

"Maka kita sebagai kader PDI Perjuangan harus tetap menggelorakan semangat yang kuat dan berbangga menjadi bagian dari partai. Kita juga harus senantiasa menjaga semangat gotong royong dan kekompakan serta merawat silaturahim dengan baik karena perjuangan menjadi pengurus partai sama dan sebangun dengan perjuangan mengurus Bangsa dan Negara," pesan Abidin Fikri.

Agenda ini juga diisi dengan pembagian SK pengurus Ranting dan Anak Ranting, Pembagian KTA dan seragam partai bagi Pengurus Anak Ranting se Kecamatan Kapas.