Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, October 26, 2022, 15:49 WIB
Last Updated 2022-10-26T08:49:36Z
BojonegoroHukum | PeristiwaViewerViral

Banjir Bandang Terjang Kecamatan Malo Bojonegoro, Sejumlah Rumah Warga Rusak


BOJONEGORO - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bojoenegoro, memicu terjadinya banjir bandang di Desa Sumberjo, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro pada Selasa (26/10/2022) petang. Sebelum banjir menerjang, hujan deras terjadi selama berjam-jam. Kondisi ini membuat air dari hulu meluber ke pemukiman warga.

Pantauan JTV di lokasi kejadian, derasnya arus banjir bandang membuat jalan raya di Kecamatan Malo lumpuh total. Kendaaran yang ingin melintas, terpaksa memutar arah dan sebagian menunggu hingga banjir mulai surut.

Banjir bandang dengan ketinggian kurang lebih mencapai 50 centimeter tersebut, datang secara tiba-tiba sehingga membuat warga panik dan berusaha menyelamatkan seluruh harta benda yang berada di rumah. Bahkan sebagian warga, tak sempat bisa untuk memyelamatkan harta benda mereka.

Banjir bandang terparah menerjang pemukiman warga di Dusun Jetis dan Dusun Wongo, Desa Sumberjo. Di dua dusun tersebut tercatat, sedikitnya 15 RT terdampak banjir bandang.

“Sebelum datang banjir bandang itu hujan deras selama beberapa jam. Kalau banjir datangnya sekitar pukul setengah lima sore mas,” ujar Wartik, Warga terdampak banjir bandang.

Selain menggenangi rumah warga, banjir bandang juga mengakibatkan tembok rumah warga ambrol, hingga menimpa rumah tetangga samping rumah. Setelah banjir surut, warga langsung membersihkan rumah mereka dari genangan lumpur yang terbawa arus banjir bandang.

“Ini bersihkan lumpur juga batu-batu mas, karena sebelah rumah ini temboknya roboh menimpa rumah saya,” ungkap Lasran, warga setempat. (edo/rok)