Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, October 26, 2022, 16:13 WIB
Last Updated 2022-10-26T09:13:34Z
Kabar ApikPolitik | PemerintahanViewerViral

Serap Aspirasi Masyarakat, Ketua DPRD Bojonegoro Abdulloh Umar Gelar Reses Masa Sidang Ke 3


KABAR APIK - Memasuki masa reses sidang ke III tahun 2022, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro diisi dengan menyaring aspirasi masyarakat. Salah satunya dilakukan Ketua Dprd Bojonegoro, Abdulloh Umar. Reses yang digelar di Balai Gedung Koperasi Tugu Mas Desa Baureno, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (26/10/2022).

Pada reses ke 3 kali ini, umar ingin mendengar keluh kesah masyarakat, sekaligus berharap kepada masyarakat, agar menyampaikan ataupun mengusulkan aspirasi mereka, supaya nantinya dapat direalisasikan. Selain dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Abdulloh Umar, kegiatan ini juga di hadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat dari Kecamatan Kepohbaru dan Kecamatan Baureno.

Acara reses sidang ke 3 ini, diawali oleh sambutan Sohibul Bait Kiyai Haji Hasim Asyuro yang mana dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih, kepada Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro Abdulloh Umar yang sudah menyelenggarakan reses sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat, serta berharap kedepannya dapat mengemban amanah masyarakat dengan baik.

Pada reses masa sidang ke 3 di tahun 2022, yang dilaksanakan di Desa Baureno, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro. Abdulloh umar menyampaikan beberapa poin penting, terkait program dari pemerintah kabupaten bojonegoro di tahun 2022 ini kepada masyarakat, yakni seperti KPM, insfrakturkut jalan. Jembatan.

Selain itu, program Pemerintah Kabupaten Bojonegoro yang saat ini sudah berjalan, dan mulai dirasakan oleh masyarakat, yakni program jalan poros desa di Kabupaten sepanjang 1.449 kilometer, secara bertahap di targetkan akan selesai sampai 2023. Di bangunya jalan poros desa tersebut, supaya bisa mempermudah akses bagi masyarakat yang ada di desa.

Selain sudah di bangunnya jalan poros desa oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Ketua DPRD Bojonegoro juga menyampaikan terkait pembangunan jalan poros nasional, yang sudah di bangun di Kabupaten Bojonegoro dari anggaran APBD Kabupaten, di mulai pada tahun 2021 sudah terbangun di pintu masuk Kota Bojonegoro, sampai Margomulyo Balen sejauh 10 kilometer.

Selanjutnya, di tahun 2022 ini, pembangunan jalan poros nasional, akan di lanjutkan kembali pembangunannya, mulai dari Margomulyo Balen sampai Sroyo. Dan di tahun 2023 nanti, jalan poros nasional akan selesai dibangun hingga perbatasan Babat Lamongan. Pembangunan infrastruktur lain sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Bojonegoro.

Beberapa program selain pembangunan infrastuktur, Abdulloh Umar menyampaikan kepada masyarakat yang hadir pada resesnya, bahwasanya Pemerintah Kabupaten Bojonegoro di tahun 2022 ini, juga mempunyai program bedah rumah yang di alokasikan anggaran sebanyak 150 miliyar. Menyasar pada 7.900 an unit rumah warga di Kabupaten Bojonegoro yang sudah tak layak huni.

Maka abdulloh umat menghimbau kepada masyarakat, bagi warga yang rumahnya tak layak huni bisa mengajukan ke pemerintah desa, supaya diteruskan dinas cita karya, agar bisa mendapatkan program bedah rumah dari Pemkab Bojonegoro.

Program baru Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, yang mungkin tidak dimiliki oleh kabupaten lain, yakni berupa santunan kematian, baik jama'ah tahlil, majelis ta'lim, imam mushola, imam masjid, tak luput mendapatkan tunjangan dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui program tersebut.

Bagi RT dan RW di Kabupaten Bojonegoro, juga tidak terlepas dari perhatian pemerintah kabupaten bojonegoro. RT RW di Kabupaten Bojonegoro, masuk dalam Program Pemerintah, berupa pemberian insentif RT dan RW sebagai bentuk penunjang kinerja di lingkup desa, yang selama ini RT dan RW di lingkungan masyarakat desa sangat berperan penting, dalam menjaga kerukunan dan kententraman di lingkup masyarakat.

Pada penilaian indeks kepuasan masyarakat terhadap kinerja Kabupaten Bojonegoro, saat ini mencapai 8966 dari penilain masyarakat. Tingginya indek penilaian tersebut, di peroleh atas kepuasaan masyarat atas program pemerintah kabupaten, yang sudah menyasar dan tepat sasaran, sesuai dengan aspirasi, masukan, serta usulan dari masyarakat.

“Saya ingin menampung sepenuhnya aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat, selain itu juga menyampaikan beberapa capaian dari Pemkab Bojonegoro. Sehingga nantinya, ketika mengetahui program capaian dari Pemerintah Kabupaten, masyarakat nantinya bisa mengakses dan mengetahui program tersebut,” terang Ketua DPRD Bojonegoro.

Abdulloh Umar berharap, masyarakat bisa memanfaatkan momentum reses tersebut dengan sebaik mungkin, dalam menyampaikan semua aspirasi, program-program usulan kegiatan masyarakat, yang selama ini belum tercover oleh Pemerintah Kabupaten agar disampaikan kepada dirinya. (lim/yan)