Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, November 25, 2022, 15:14 WIB
Last Updated 2022-11-25T08:14:32Z
Kabar ApikPolitik | PemerintahanViewerViral

Kolaborasi dan Sinergi, Kunci Sukses Pemerataan Pembangunan di Tuban


KABAR APIK - Di tahun kedua kepemimpinan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky dan Wakil Bupati Tuban, Riyadi, sejumlah program pembangunan di semua bidang telah dilaksanakan dengan baik. Visi membangun serta mewujudkan Tuban sejahtera, berkeadilan, berbudaya, berdaya saing dan berbasis lingkungan melalui "Mbangun Deso Noto Kutho", kini dampaknya sudah bisa dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Tuban.

Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, selalu mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama bersinergi, berkolaborasi dan bergotong-royong, untuk bersama membangun kabupaten tuban menjadi lebih baik. Salah satunya pembangunan infrastruktur di berbagai bidang. Baik jalan lingkungan, jalan poros, jalan usaha tani, saluran irigasi, dan lainnya. Upaya ini dilakukan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di bumi ronggolawe.

Pada tahun 2022 ini, Pemkab Tuban mengedepankan konsep pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh penjuru Kabupaten setempat. Pemerataan pembangunan tersebut, sudah dirasakan di 328 desa dan kelurahan di 20 kecamatan yang ada di Tuban.

Salah satu menjadi perhatian adalah perbaikan dan peningkatan jalan. Pada tahun 2021, Pemkab Tuban melakukan perbaikan dan peningkatan jalan sepanjang 198,82 kilometer. Sementara di tahun 2022, dilakukan perbaikan dan peningkatan jalan sepanjang 91,2 kilometer.
 
Berbagai program yang dicanangkan Bupati Tuban terbukti berhasil. Pasalnya, berdasarkan hasil survey terbaru dari badan pusat statistik, perekonomian di Kabupaten Tuban tumbuh 8 persen.
 
Hal tersebut menurut bupati tuban adalah bukti pembangunan di Tuban tepat sasaran. Mas Bupati menegaskan, pada tahun 2023 mendatang, Pemkab Tuban akan menggencarkan lagi pembangunan di seluruh pelosok Tuban.

“Berdasarkan survey terbaru dari BPS perekonomian di Kabupaten Tuban meningkat 8 persen. Ini bukti bahwa program pembangunan yang dilakukan tepat sasaran. Untuk itu, di Tahun 2023 mendatang akan kita gencarkan lagi pembangunan hingga pelosok Tuban,” tegas Bupati Tuban usai mengikuti rapat paripurna di Gedung DPRD Tuban, Kamis (24/11/2022).

Wujud kolaborasi dan pemerataan pembangunan tersebut, salah satunya dirasakan oleh Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Tuban. Program pembangunan jalan rusak kolaborasi antara Pemerintahan Desa melalui dana desa dan Pemerintah Kabupaten membuat jalan poros desa setempat menjadi mulus. Jalan yang sebelumnya rusak ini, kini telah di cor dan di aspal sehingga mempermudah dan memperlancar roda perekonomian di desa.

“Jalan yang sebelumnya rusak kita kolaborasikan dengan Pemkab sehingga sekarang sudah mulus dan memperlancar roda perekonomian warga sini. Kita terus berharap dukungan dan kolaborasi dengan Pemkab agar pembangunan di desa bisa terus ditingkatkan,” jelas Hari Winarko, Kepala Desa Prunggahan Wetan.

Selain membangun dan mewujudkan infrastruktur desa dan utilitas kota yang terpadu, partisipatif, efektif, berwawasan lingkungan serta selaras dengan pertumbuhan dan pemerataan sosial, ekonomi dan budaya. Pemkab Tuban juga terus meningkatkan pengelolaan dan nilai tambah di semua sektor yang berbasis pemberdayaan dan ekonomi kerakyatan, serta mewujudkan sumber daya manusia berkualitas dan terlatih.
 
Selain itu, Pemkab Tuban juga terus memantapkan tata kelola pemerintah daerah yang baik, profesional, transparan, akuntabel dan sistem pengawasan yang efektif. (*/rok)