Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, November 2, 2022, 16:19 WIB
Last Updated 2022-11-02T09:19:39Z
Potensi DaerahTubanViewerViral

Musim Penghujan, Petani Garam di Tuban Beralih Budidaya Ikan


TUBAN - Datangnya musim penghujan, membuat para petani garam tradisional di Kabupaten Tuban mengalihkan lahan mereka untuk budidaya ikan bandeng. Kondisi tersebut salah satunya dilakukan oleh petani garam di Desa Pliwetan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, pada Rabu (02/11/2022).

Pengalihfungsian lahan ini dilakukan sejak akhir bulan September kemarin. Pasalnya, para petani setempat terus merugi akibat garam-garam yang ada di lahan mereka mencair terkena tergenang air hujan.

Bahkan, peralatan produksi garam seperti terpal juga turut rusak akibat diterjang banjir. Kondisi ini membuat kegiatan produksi garam berhenti total.

Pantauan JTV di lokasi, alat-alat untuk penjemuran garam seperti kincir angin hingga pompa air, dibiarkan mangkrak oleh para petani. Lahan ini kemudian diisi air payau dan ditebar benih ikan bandeng.

“Ya terpaksa dibuat budidaya bandeng mas. Soalnya 2 minggu hujan terus, garamnya rusak, gagal panen,” ungkap Lasminto petani garam setempat.

Pengalih fungsian lahan garam ini dilakukan setelah hujan deras melanda kawasan setempat selama dua pekan terakhir. Kondisi ini membuat mereka gagal panen, sehingga mengalihfungsikan lahan garam menjadi tempat budidaya ikan bandeng.

“Semoga tambak ikan bandeng ini bisa berhasil. Sehingga mereka bisa menutupi biaya operasional saat tanam garam yang merugi,” tutup Lasminto. (dzi/rok)