Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, November 10, 2022, 16:41 WIB
Last Updated 2022-11-10T09:41:00Z
Kabar ApikPolitik | PemerintahanPotensi DaerahViewerViral

TMMD ke 115 Kodim 0813 Bojonegoro Resmi Ditutup


KABAR APIK - Bertempat di lapangan Desa Sekaran, Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro, upacara Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) reguler ke 115 tahun 2022, Kodim 0813 Bojonegoro telah resmi ditutup, Rabu (09/11/2022). TMMD kali ini digelar dengan tema TMMD dedikasi terbaik membangun NKRI.

Hadir dalam upacara penutupan, Kasdam V Brawijaya, Brigjend Tni Piek Budyakto, Aster Kodam V Brawijaya Kolonel Armet Wijang Rimoko Ardani, Pamen Ahli Bidang Ekonomi Kodam V Brawijaya Kolonel Infantri Parawita Agus, Danrem 082 Citra Panca Yuda Jaya Kolonel Infantri Unang Sudargo, Pa Lo Au Kodam V Brawijaya Kolonel Pnb I Ketut S.

Juga turut hadir pula Babandya Balti Tni Steram V Brawijaya Letkol Infantri Agus Suryono, Kasilog Korem 082 Letkol Infanyri Yudi Biarto, Kasiter Korem 082  Citra Panca Yuda Jaya, Dandim P813 Bojonegoro Letkol Armet Arif Yudho Purwanto, Forkopimda, Jajaran Kasi Skpd Bojonegoro, Forkopimcam Se Bojonegoro, dan Kades Se Kecamatan Kasiman.

Sebelum upacara penutupan, terlebih dahulu dilakukan pemaparan laporan kegiatan pelaksanaan TMMD ke 115, yang sudah dilaksanakan selama 1 bulan. Terlebih dahulu dilaksanakan pemeriksaan pasukan acara penutupan TMMD oleh Kasdam V Brawijaya, Brigjend Tni Piek Budyakto.

Selanjutnya penyerahan alat alat kerja TMMD secara simbolis, sekaligus penandatanganan naskah hasil oleh Dandim 0813 Bojonegoro, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan Kasdam V Brawijaya, Brigjend Tni Piek Budyakto.

Dalam arahanya sebagai pemimpin upacara penutupan TMMD ke 115,  Kasdam V Brawijaya, Brigjend Tni Piek Budyakto menyampaikan terimakasih dan aspresiasi setinggi tingginya, kepada segenap jajaran Pemerintah Daerah, elemen masyarakat serta semua pihak yang telah terlibat, dan membantu secara moril maupun materil, sehingga kegiatan tmmd dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses.

Program TMMD masih sangat dibutuhkan, mengingat sebagian besar dari wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan. Sehingga keterlibatan tni dalam membangun sarana prasarana maupun insfratruktur wilayah, masih sangat relevan dan sangat diperlukan, sesuai dengan koridor udang undang, dalam berbagai sektor pembangunan dengan melaksanakan pengerjaan sasaran fisik, maupun sasaran kegiatan non fisik.

Selama satu bulan, prajurit tni bersinergi dengan Pemerintah Daerah segenap elemen bangsa serta warga masyarakat, bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke 115. Kebersamaan ini merupakan wujud sinergitas yang positif, dalamengatasi berbagai permasalahan bangsa pada masa sekarang ini, termasuk membantu pemerintah daerah memepercepat pembangunan di daerah.

Kasdam V Brawijaya, Brigjend Tni Piek Budyakto menuturkan, dengan selesainya kegiatan TMMD, semoga dapat berguna bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan, dan mempercepat roda perekonomian di pedesaan, agar bisa lebih maju lagi.

“Semoga TMMD ini dapat berguna bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan, mempercepat roda perekonomian disini dan desa sini lebih maju lagi,” terang Kasdam V Brawijaya.

Pelaksaan TMMD ke 115, yang dilaksanakan Kodim 0813 Bojonegoro, sebagai wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kemajuan desa, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mengurangi kemiskinan serta meningkatkan kemampuan TNI, bersama masyarakat dalam rangka mewujudkan pembangunan yang merata, seimbang dan berkesinambungan.

Pelaksanaan TMMD ke 115 tahun 2022 di wilayah teritorial Kodim 0813 Bojonegoro selama 1 bulan, telah menyelesaikan pembangunan bronjong dan jembatan yang menghubungan dusun ngantru dengan desa sekaran, dibangun prajurit tni dengan cara bergotong royong bersama masyarakat, tujuanya untuk memudahkan masyarakat setempat beraktivitas, dalam memutar roda perekonomian.

Tidak hanya membangun jembatan penghubung, dalam kegiatan TMMD ke 115 tahun 2022 yang telah dilaksanakan selama sebulan ini, juga membangun drainase, TPT, MCK, mengembangkan UMKM dan membangun fasilitas untuk masyarakat lainnya.

Sedangkan sasaran non fisik pada kegiatan TMMD, prajurit tni juga melakukan beragam penyuluhan kepada masyarakat setempat, diantaranya penyuluhan keagamaan, bela negara, pendidikan, kamtibmas, narkoba, terorisme, hingga penyuluhan kesehatan.

“Adanya TMMD ini Pemerintah Kabupaten Bojonegoro mengucapkan terimakasih, dan harapanya dengan adanya pembangunan insfratuktur dapat membantu masyarakat dusun ngantru maupun Desa Sekar,” kata Djoko Lukito, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bojonegoro.

Setelah melaksanakan upacara penutupan, Kasdam V Brawijaya Brigjend Piek Budyakto, meninjau lokasi tmmd dan menyempatkan diri mengunjungi pasar murah, serta menyapa masyarakat Dusun Ngantru.

Kasdam V Brawijaya, Brigjend Piek Budyakto berharap, program TMMD berupa pembangunan insfratuktur bisa dirawat dengan baik oleh masyarakat, supaya kedepanya nanti bisa dapat membantu aktivitas kegiatan dalam janga waktu yang panjang. (edo/red)