Iklan

jtvbojonegoro
Kamis, 01 Desember 2022, 01:00 WIB
Last Updated 2022-11-30T18:00:54Z
Kabar ApikPolitik | PemerintahanViewerViral

Abidin Fikri Harap Sinergi Kebudayaan dengan Inovasi Kekinian dalam Konteks Gerakan Kebudayaan


KABAR APIK - Dalam rangka menguatkan wawasan kebangsaan di kalangan masyarakat Bojonegoro, Anggota Fraksi MPR RI, H. Abidin Fikri, S.H.,M.H. menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama Komunitas pelestari budaya “Komunitas Kemeluk Menyan dan Badan Kebudayaan Nasional (BKN) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bojonegoro, Rabu, (30/11/2022). 

Dalam kesempatan tersebut, H. Abidin Fikri, S.H.,M.H. memaparkan bahwa kita semua harus mengapresiasi keanekaragaman budaya bangsa Indonesia yang searah dengan cita-cita Indonesia merdeka yang tertuang dalam Pembukaan UUD NRI 1945. Perilaku intoleransi dan politik identitas sektarian yang selama ini marak terjadi bertentangan dengan semangat “Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.”

“Oleh karena itu untuk menjawab tantangan dan sekaligus mendayagunakan potensi keberagaman yang menjadi kekayaan bangsa Indonesia, kita perlu kembali menggali Trisakti ajaran Bung Karno dimana asas ketiga Berkepribadian dalam Kebudayaan perlu diterjemahkan dalam kerja-kerja kebudayaan,” jelas Abidin Fikri di Aula DPC PDI Perjuangan Bojonegoro. 

Abidin Fikri menjelaskan bahwa kita semua punya peran dalam menghidupkan basis kebudayaan secara berkelanjutan sebagai bukti hadirnya keanekaragaman budaya sebagai bagian integral dari kehidupan bangsa. Hal itu juga bertujuan untuk mengikis semangat individualisme dan politik identitas yang marak terjadi di masa kini. Di akhir pemaparannya, H. Abidin Fikri, S.H.,M.H. berharap agar kita berhasil mendayagunakan kekayaan budaya kita dan mensinergikannya dengan berbagai inovasi kekinian dalam konteks gerakan kebudayaan.