Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 06 Desember 2022, 16:23 WIB
Last Updated 2022-12-06T09:23:33Z
Politik | PemerintahanTubanViewerViral

Server dan Jaringan Eror, Tes CAT Calon PPK di Tuban Molor 1 Jam


TUBAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, menggelar tes tulis dengan metode computer assisted test (CAT), dalam rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Tes CAT tersebut digelar di dua lokasi berbeda, masing-masing di SMP Negeri 1 Tuban dan SMK Abdi Negara Tuban.

Dalam pelaksanaan tes CAT di SMK Abdi Negara Tuban selasa (06/12/2022) siang, sempat terjadi kendala jaringan dan server yang eror. Kondisi tersebut membuat tes CAT sempat molor selama satu jam.

Bahkan, para peserta sempat bingung dan mengeluh. Beruntung, setelah satu jam berlalu, server dan jaringan yang sempat eror bisa berjalan normal.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fatkul Iksan, meski sempat terjadi sedikit kendala terkait server dan jaringan yang eror. Namun secara keseluruhan, proses tes CAT calon PPK untuk pemilu 2024 tersebut, berjalan lancar sampai selesai.

“Memang tadi sempat terjadi kendala pada jaringan lokal dan server dari KPU pusat. Tapi alhadulillah semua kembali normal dan para peserta bisa menyelesaiakan tes CAT hingga selesai,” terang Ketua KPU Tuban saat ditemui JTV di lokasi tes CAT.

Sementara itu, nilai hasil tes CAT tersebut langsung keluar saat para peserta selesai mengerjakan soal. Dari sebanyak 552 peserta yang mengikuti tes, akan dipilih 10 peserta terbaik di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

“Mereka yang terpilih, selanjutnya akan mengikuti tes wawancara dan dipilih 5 peserta terbaik di tiap kecamatan. Mereka akan bertugas sebagai untuk melaksanakan setiap tahapan pemilu 2024 di tingkatan kecamatan,” imbuh Fatkul Iksan.

Sementara itu, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban, Sunarso, mengkritisi kendala yang terjadi dalam tes CAT rekrutmen PPK tersebut. Sebagai bahan evaluasi, Bawaslu Tuban menghimbau KPU setempat, agar terlebih dahulu melakukan pengecekan dan memastikan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan, sehingga pelaksanaanya bisa berjalan lancar.

“Harusnya segala sesuatunya diantisipasi sejak awal. Ini menjadi bahan masukan untuk KPU untuk tes CAT besok, sehingga prosesnya bisa berjalan lancar,” tegas Sunarso. (dzi/rok)