Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 20 Januari 2023, 16:13 WIB
Last Updated 2023-01-20T09:13:31Z
Potensi DaerahTubanViewerViral

Banjir Job Pentas Imlek, Pemain Barongsai di Tuban Genjot Latihan


TUBAN - Tahun Baru Imlek, membawa berkah tersendiri bagi kelompok pemain barongsai di Kabupaten Tuban. Salah satunya seperti yang dirasakan kelompok kesenian barongsai Putra Ronggolawe, di Desa Kepohagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.
 
Sejak dua pekan terakhir, mereka terus menggenjot latihan, serta mempersiapkan sejumlah peralatan yang digunakan untuk pentas pada tahun baru imlek tanggal 22 Januari 2023 mendatang.

Seperti yang dilakukan pada Jumat (20/01/2023) siang, para pemain barongsai ini melatih keterampilan serta mempertajam atraksi, sebelum tampil di pentas. Kekompakan, keterampilan serta kekuatan harus selalu dilatih. Agar saat tampil, atraksi yang ditampilkan bisa berjalan baik.

“Memang pada imlek ini banyak job. Untuk itu kita terus menggenjot latihan, meskipun biasanya kami juga rutin berlatih tiap dua minggu sekali,” terang Supoyo, Pelatih Barongsai Putra Ronggolawe.

Supoyo menambahkan, pada rangkaian perayaan tahun baru imlek 2574 kongzili, pihaknya sudah mengantongi sedikitnya 10 job pentas. Pentas barongsai tersebut digelar untuk menyambut tahun baru imlek, perayaan imlek, dan sisanya rangkaian dari perayaan imlek.
 
“Job pentas tersebut datang dari Tuban dan luar Tuban,” jelasnya.

Ia menambahkan, job pentas tahun ini lumayan banyak jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, pada 2021 mereka tidak dapat job lantaran adanya pembatasan kegiatan masyarakat akibat pandemi covid-19.

“Imlek tahun ini banyak jika dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bahkan 2021 kami nggak dapat job karena pandemi,” tambahnya.

Latihan rutin ini terus digenjot para pemain untuk meningkatkan stamina dan kekuatan saat pentas. Hal ini dilakukan agar para pemain barongsai dan kru pengiring musik barongsai bisa tampil maksimal saat pentas.

“Kalau nggak latihan itu nanti nggak bisa maksimal saat tampil. Sehingga mulai dua minggu ini kita genjot,” tegas Amirudin, salah satu pemain barongsai.

Untuk tarif yang dipatok sekali pentas, mulai dari 4 juta rupiah hingga 6 juta rupiah, tergantung jauh dekatnya lokasi pementasan. Tidak hanya saat perayaan imlek saja, kesenian barongsai ini juga sering diundang untuk memeriahkan acara hajatan, tasyakuran hingga acara formal. (dzi/rok)