Iklan

Sketsa Bengawan
Senin, 02 Januari 2023, 16:53 WIB
Last Updated 2023-01-02T09:53:08Z
Hukum | PeristiwaLamonganViewerViral

Cuaca Ekstrem, Nelayan di Lamongan Diimbau Tak Melaut


LAMONGAN - Cuaca ekstrem berupa angin kencang dan gelombang tinggi, menerjang kawasan pantai utara Kabupaten Lamongan dalam sepekan terakhir. Kondisi tersebut salah satunya terjadi di wilayah Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Senin (02/01/2023) pagi. 

Cuaca buruk membuat sejumlah perahu milik nelayan setempat yang tengah sandar tenggelam akibat diterjang ombak setinggi 3 meter. Terkait hal ini, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Lamongan mengimbau agar nelayan berhenti melaut sementara waktu, hingga cuaca membaik. Hal tersebut disampaikan Sekretaris HNSI Lamongan, Ma'mun Murod. 

Menurutnya, tingginya gelombang dan kencangnya angin di kawasan pesisir utara Lamongan membuat sejumlah perahu milik nelayan setempat rusak. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini. 

“Kami imbau kepada nelayan di pesisir Kabupaten Lamongan untuk tidak melaut hingga cuaca kembali membaik,” tegasnya kepada JTV.

Imbauan ini diberikan kepada nelayan untuk keselamatan bersama. Sementara jika kondisi cuaca sudah membaik, para nelayan setempat dipersilahkan untuk kembali melaut. (fli/rok)