Iklan Beranda

Redaksi JTV
Rabu, 25 Januari 2023, 16:16 WIB
Last Updated 2023-01-25T09:16:15Z
Hukum | PeristiwaTubanViewerViral

Penangkapan Ular Sepanjang 3,5 Meter di Tuban Berlangsung Dramatis

 
Petugas Damkar Tuban dibantu warga menangkap ular piton sepanjang 3,5 meter.
TUBAN - Penangkapan ular piton di kawasan pemukiman warga Kelurahan Mondokan, Kecamatan Tuban Kota, Kabupaten Tuban, berlangsung dramatis. Petugas damkar dibantu warga setempat terlibat kejar-kejaran dengan ular yang berusaha kabur masuk ke dalam gorong-gorong.

Menurut Kepala Satpol PP dan Damkar Tuban, Gunadi, sebelumnya ular tersebut berkeliaran di sekitar rumah warga. Karena meresahkan dan dianggap berbahaya, kejadian ini kemudian dilaporkan kepada Damkar Tuban.

“Kami mendapat laporan dari pemilik rumah bahwa ada ular. Lalu kami datangi, ular masuk gorong-gorong, jenisnya piton,” terangnya saat ditemui JTV di kantornya, Rabu (25/01/2023).

Gunadi menambahkan, atas ijin warga setempat, petugas damkar kemudian membongkar beton penutup gorong-gorong untuk menangkap ular sepanjang 3,5 meter yang kabur. Tak lama kemudian, petugas berhasil menangkap hewan liar tersebut dalam kondisi hidup. 

“Ular yang ditangkap ini, kemudian dievakuasi ke tempat penampungan ular di Kantor Damkar Tuban,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kepala Satpol PP dan Damkar Tuban mengungkapkan, fenomena kemunculan ular di pemukiman warga marak terjadi. Sepanjang bulan Januari 2023 ini, Damkar Tuban telah menangkap sedikitnya sepuluh ekor ular, yang seluruhnya berjenis piton.

“Jumlahnya sepanjang Januari ini 10 ekor. Semuanya jenis piton. Ukurannya 2,5 meter sampai 4 meter,” ungkapnya.

Ular-ular yang ditampung di Kantor Damkar Tuban, selanjutnya akan dilepas liarkan ke habitatnya atau diberikan pecinta reptil agar dipelihara. (dzi/rok)