Iklan

Sketsa Bengawan
Senin, 09 Januari 2023, 14:36 WIB
Last Updated 2023-01-09T07:36:04Z
BojonegoroHukum | PeristiwaViewerViral

Puting Beliung Terjang 4 Desa di Bojonegoro, Puluhan Rumah Porak-Poranda


BOJONEGORO - Bencana puting beliung yang datang bersamaan hujan deras menerjang wilayah Desa Pohwates, Kecamatan Kepohbaru dan Desa Banjaranyar Kecamatan Boerno, serta Desa Mejuwet dan Butoh Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, sabtu (07/01/2023) sore kemarin.

Kuatnya terjangan angin, menyebabkan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan berat, sedang, hingga ringan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro mencatat, total rumah rusak mencapai 45 unit. Rinciannya, sebanyak satu rumah roboh, sembilan rumah rusak berat, serta 30 rumah mengalami kerusakan sedang hingga ringan. Dimana, rata-rata kerusakan terjadi dibagian atap dan dinding yang jatuh dan jebol tersapu angin.

Selain merusak rumah warga. Terjangan puting beliung yang datang dari arah barat daya, juga merusak balai desa, serta melukai seorang warga di Desa Pohwates, Kecamatan Kepohbaru, Bojonegoro. Korban mengalami luka-luka akibat tertimpa atap genting rumahnya yang berjatuhan tersapu angin.

Perangkat Desa Pohwates, Ngadi, menuturkan, saat itu, korban yang panik karena khawatir rumahnya roboh, berusaha menyelamatkan diri dengan keluar rumah. Namun naas, disaat bersamaan sejumlah atap genting jatuh menimpanya.

“Korban mengalami luka serius dibagian kepala dan telah menjalani perawatan di puskesmas desa setempat,” ungkapnya kepada JTV.

Selain korban luka, dan merusak rumah warga. Puting beliung yang terjadi sekitar pukul 16.30 ini. Juga merusak beberapa titik saluran listrik, hingga padam. Akibat kejadian ini, kerugian ditaksir mencapai lebih dari 140 juta rupiah. (lim/rok)