Iklan

Sketsa Bengawan
Sabtu, 07 Januari 2023, 16:52 WIB
Last Updated 2023-01-07T09:52:11Z
BlitarPojok PituPolitik | PemerintahanViewerViral

Mantan Anggota DPRD Blitar Jadi Tukang Sol Sepatu


BLITAR - Seorang mantan anggota DPRD Kabupaten Blitar, rela menekuni usaha menjadi tukang sol sepatu dan sandal. Profesi tersebut dijalankan sejak ia tak lagi menjabat sebagai wakil rakyat. 

Mantan anggota DPRD tersebut adalah Sukardi, 80 tahun. Pria lanjut usia tersebut, menjadi tukang sol sepatu dan sandal di rumahnya di Kawasan Pasar Srengat, Kabupaten Blitar.

Profesi ini, ia tekuni sejak tak lagi menjabat sebagai wakil rakyat, belasan tahun silam. Di rumah 5 kali 10 meter ini, pria lanjut usia ini setiap harinya mengerjakan sol sepatu dan sandal milik para pelanggannya.

Tak hanya mengandalkan sol sepatu dan sandal saja. Untuk menyambung hidup, Sukardi juga membuka usaha jasa permak pakaian dan tas serta menjual jamu seduh. Meski tidak seramai seperti di tempat lain, namun ia tetap bersyukur dan menikmati profesi ini.

Sukardi menuturkan, tidak sedikit teman seangkatannya saat duduk di kursi DPRD Kabupaten Blitar yang terkejut dan bahkan tak sedikit yang mencibirnya. Namun, sukardi Mengaku tidak pernah merasa sakit hati. 

“Ya tentu banyak yang mencibir. Teman-teman angkatan saya saat jadi DPR juga banyak yang kaget saya menjadi tukang sol sepatu,” ungkap Sukardi saat ditemui JTV, Sabtu (07/01/2023).

Pria 80 tahun ini meyakini bahwa rejeki dan mati sudah diatur oleh yang maha kuasa. Selama menjadi anggota DPRD, Sukardi juga menegaskan tidak pernah menggunakan cara-cara kotor untuk mendapatkan uang. 

“Apapun profesi dan pekerjaan kita, yang penting kita jujur dan tidak nakal, sehingga uang yang kita dapat halal,” tegas Sukardi. (as/rok)